News

Bahan Alam Seperti Bambu Dan Rotan Memiliki Sifat

×

Bahan Alam Seperti Bambu Dan Rotan Memiliki Sifat

Share this article

Bahan Alam Seperti Bambu Dan Rotan Memiliki Sifat – Rotan merupakan komoditas yang dihasilkan dari sumber daya alam selain kayu hutan, dan tumbuh di kawasan hutan hujan tropis. Tanaman rotan merupakan salah satu jenis tanaman palem yang dapat tumbuh hingga panjang lebih dari 100 meter.

Rotan mempunyai nilai pasar yang tinggi terutama untuk kegiatan ekspor. Di pasar internasional, Indonesia mampu memasok sekitar 80 persen kebutuhan rotan global.

Bahan Alam Seperti Bambu Dan Rotan Memiliki Sifat

Berdasarkan hal tersebut, tidak mengherankan jika Indonesia dikenal sebagai penghasil rotan terbesar di dunia, seperti dikutip dari buku Rattan Riches of the Wilderness of Indonesia karya Prof. Ph.D. Pergi. Djamal Sanusi Hanya saja pemerintah saat ini melarang ekspor rotan mentah dan setengah jadi.

Prakarya Dari Bahan Alam Yang Mudah Dibuat Dengan Bahan Sekitar Rumah

Indonesia sendiri memiliki 8 genera rotan dengan sekitar 306 spesies dimana 51 spesies diantaranya dimanfaatkan. Beberapa daerah produksi rotan di Indonesia terletak di pulau Kalimantan, Sumatera, Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Seperti halnya di Kalimantan, kayu rotan banyak ditemukan di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah. Daerah yang beribu kota Kasongan ini sangat terkenal sebagai penghasil rotan, baik kerajinan mentah maupun jadi.

Hampir seluruh 13 kecamatan di Katingan merupakan daerah penghasil rotan. Tak heran, data Dinas Kehutanan Kalteng pada tahun 2014 menunjukkan Katingan menghasilkan rotan potong dengan volume 4.729 m3 atau hampir 70 persen dari total produksi rotan Kalteng.

Rotan asal Katingan sering dikirim ke Cirebon, Jawa Barat, yang merupakan salah satu sentra kerajinan rotan terbesar di Indonesia atau Yogyakarta.

Contoh Kerajinan Bahan Keras, Beserta Definisi Dan Teknik Pembuatannya

Setiap jenis kayu dan tumbuhan tentunya mempunyai ciri-ciri tersendiri seperti bau, warna, pori-pori, berat, kekerasan, panjang, dan lain-lain. Rotan sering dikatakan mirip dengan bambu. Namun keduanya pasti mempunyai perbedaan.

Baca Juga  Deskripsikan Keadaan Muka Bumi Salah Satu Pulau Besar Di Indonesia

Kulit rotan dapat menghasilkan bahan tenun yang sangat kuat. Pemisahan rotan akan menghasilkan tali rotan tipis yang biasa disebut fitrit atau petrik.

Rotan memiliki ciri khas warna seperti putih kekuningan, coklat dan hitam. Contoh produk kerajinan rotan dapat dibuat menjadi: aneka furniture seperti kursi, meja, lemari, pembatas ruangan, tas, hiasan dinding, mainan mewah, lampu, tempat tidur anak dan masih banyak lagi.

Dikutip dari buku Kerajinan Tangan untuk SMP/MTs Kelas IX terbitan Kemendikbud Dewi Sri Handayani, dkk, berbagai macam kerajinan rotan terkenal bisa kita jumpai di sepanjang jalan kawasan Pasar Minggu, Jakarta, atau Kawasan Tegalwangi di Cirebon.

Kerajinan Bahan Keras: Definisi, Teknik Membuat, Dan Contohnya

Selain itu juga banyak terdapat toko atau showroom yang menjual dan menjual kerajinan tangan rotan. Demikian penjelasan mengenai rotan. Kami berharap ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang rotan. Ingin tahu!

Bahan wolfis memiliki sifat, hp android yang memiliki kamera seperti iphone, hp yang memiliki kamera seperti iphone, bahan keras alam rotan, kerajinan dari bambu dan rotan, bahan bakar dari minyak nabati yang memiliki sifat seperti minyak solar adalah, contoh kerajinan dari kayu bambu dan rotan, kayu bambu dan rotan, jenis kayu bambu dan rotan, bambu rotan, kerajinan kayu bambu dan rotan, kerajinan dari bahan kayu bambu dan rotan

News

Apa Itu Boti – Danang Wisnu mendapat sambutan…