News

Bagaimana Cara Belajar Gerakan Tungkai Dalam Renang Gaya Bebas Jelaskan

×

Bagaimana Cara Belajar Gerakan Tungkai Dalam Renang Gaya Bebas Jelaskan

Share this article

Bagaimana Cara Belajar Gerakan Tungkai Dalam Renang Gaya Bebas Jelaskan – Kontributor: Syamsul Dwi Maarif – 8 September 2021 22:05 WIB | Diperbarui 1 April 2022 19:50 WIB

Berenang adalah kegiatan menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor, dan lain-lain untuk menggerakkan tubuh untuk menyeberang, mengapung, dan menyelam di dalam air.

Bagaimana Cara Belajar Gerakan Tungkai Dalam Renang Gaya Bebas Jelaskan

Berenang telah dikenal luas oleh seluruh lapisan masyarakat sejak zaman dahulu sebagai sarana bertahan hidup, keterampilan dan prasyarat untuk menjadi ahli dalam peperangan. Beberapa contoh kerajaan yang menggunakan kemampuan berenang sebagai pangkalan militer adalah Yunani dan Roma.

Macam Gaya Renang Dan Manfaatnya, Cari Tahu Yuk!

Selain itu, Kekaisaran Jepang pada masa Kaisar Sui Yang juga mewajibkan samurai untuk menguasai keterampilan berenang. Menurut catatan, Suigui mengadakan kompetisi renang pertama di Kerajaan Sakura pada tahun 36 SM.

Salah satu gaya renang yang paling populer dalam renang rekreasi adalah gaya dada. Pada gaya ini, posisi tubuh lebih stabil dan kepala dapat bertahan lebih lama di dalam air.

Penulis: Sujarwi dan Dwi Sarjiyanto (2010:76), Menguasai berbagai teknik latihan renang gaya dada seperti pengenalan air, teknik gerak dasar tungkai, teknik gerak dasar lengan dan teknik pernafasan, koordinasi tungkai dan lengan.

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mempelajari teknik berenang adalah pengenalan air. Dalam teknik ini Anda akan belajar bagaimana menyesuaikan diri, mengapung dan meluncur di air.

Daftar Istilah Dalam Olahraga Renang, Lengkap Beserta Penjelasannya

Latihan pernapasan dapat dilakukan dengan menahan kepala di bawah air dengan teknik yang benar. Beberapa langkahnya adalah sebagai berikut:

), jadi ia berenang seperti katak. Cara melatih gerakan kaki dapat menggunakan cara dan langkah sebagai berikut:

Sederhananya, gerakan lengan merupakan teknik dasar senam dada, yaitu membelah air. Cukup rentangkan tangan Anda ke depan dan buka ke kiri dan kanan. Cara melatih gerakan lengan dapat dilakukan melalui cara dan langkah sebagai berikut:

Setelah menguasai teknik pernapasan, tungkai, dan lengan, langkah selanjutnya adalah menggabungkan seluruh gerakan menjadi satu latihan. Pertama, yang terbaik adalah melatih koordinasi dalam jarak pendek. Kemudian terus tambah jarak dari 10m, 15m, 25m menjadi lebih dari 50m. Berikut beberapa cara dan langkah yang bisa dilakukan untuk mengoordinasikan gerakan tangan, kaki, dan pernapasan: Perenang Australia Emma McKeon (tengah) bertanding di nomor 100m putri Olimpiade Tokyo 2020 pada Rabu (28/7/2021) di Tokyo, Gaya Bebas Jepang kompetisi)). Sepanjang sejarah Olimpiade, tidak ada perenang wanita yang mencapai prestasi McKean. (Foto AP/David J. Philip)

Macam Macam Gerak Renang Gaya Dada

Halodoc, Jakarta – Gaya bebas merupakan gerakan berbaring telungkup dan mengayunkan kaki secara bergantian dari atas ke bawah.

Gaya bebas ditandai dengan adanya garis lurus antara seluruh bagian tubuh. Pergerakan lengan terjadi di permukaan air.

Baca Juga  Posisi Jari Manis Dan Kelingking Yang Benar Dalam Pegangan Penholder

Oleh karena itu, ciri-ciri gaya bebas adalah gerakan lengannya mirip dengan putaran baling-baling pesawat terbang, sedangkan gerakan kakinya merupakan gerakan silang-silang ke atas dan ke bawah.

Gaya renang ini bisa dikatakan sebagai gaya renang tercepat. Untuk belajar berenang, Anda perlu menguasai teknik dasar seperti meluncur, menggerakkan lengan dan kaki, serta pernapasan.

Pengertian Renang Gaya Kupu Kupu Dan Cara Melakukannya Singkat

Video berita momen gulat yang terjadi pada laga pertama semifinal Copa del Rey 2022/2023 antara Real Madrid dan Barcelona, ​​Jumat (3/3/2023) dini hari WIB.

Perenang Amerika Michael Phelps berkompetisi di final gaya bebas 4x100m Olimpiade Rio 2016, Senin (8 Agustus 2016) di Rio de Janeiro, Brasil. Tim renang Amerika Utara meraih medali emas pada kompetisi gaya bebas 4x100m. (AP/David J. Philip)

Posisi tubuh pada gaya bebas adalah sejajar (horizontal) dengan air dan tepat di bawahnya. Saat meluncur, seluruh otot tubuh berada dalam keadaan rileks. Sedangkan untuk melatih postur:

B. Luncurkan tubuh ke depan dan dorong salah satu kaki ke dinding. Pertahankan posisi meluncur semaksimal mungkin.

Bab X Renang Gaya Dada

Ulangi latihan menggeser ini beberapa kali hingga halus. Jika Anda merasa seimbang saat meluncur, latihan akan berhenti.

Perenang Amerika Caleb Dressel (tengah) menyentuh dinding saat final gaya bebas 50m putra Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 1 Agustus 2021. Dressel secara individu meraih medali emas pada nomor gaya bebas 50m, gaya bebas 100m, dan gaya bebas meter. gaya bebas 100m. Meteran Medley Kupu-Kupu. (Foto AP/Jeff Robertson)

Gerakan kaki gaya bebas dilakukan bergantian ke atas dan ke bawah, mirip dengan gerakan berjalan. Cara mempelajari gerakan kaki:

Secara perlahan, gerakkan kaki kanan ke bawah secara bergantian dan kaki kiri ke atas. Kemudian lakukan gerakan yang sama berulang kali hingga ritme mencambuk terasa pas.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas: Gerak Kaki, Tungkai, Meluncur, Pengambilan Napas

Cara latihannya masih sama seperti sebelumnya, hanya saja dampak ke bawah lebih kuat dibandingkan dengan dampak ke atas. Ulangi latihan ini sampai Anda merasakan cambuk ke bawah menghasilkan kekuatan yang lebih besar daripada cambuk ke atas, gunakan fleksi plantar untuk mencambuk pergelangan kaki. Tujuan utama cambuk kaki adalah sebagai penstabil, menjaga posisi kaki sejajar (sejajar) dengan aliran air.

Pada latihan ketiga, usahakan untuk mempercepat sedikit agar terlihat busa putih yang dihasilkan saat punggung kaki dan telapak kaki terkena benturan.

Badan dalam posisi meluncur, dengan kaki perlahan naik dan turun secara bergantian. Latihan seperti ini sebaiknya dilakukan dengan menggunakan kickboard yang dapat dimodifikasi dengan botol air. Ulangi latihan ini beberapa kali hingga Anda merasa nyaman melakukan gerakan cambuk kaki.

Baca Juga  Yang Bukan Merupakan Faktor Pembentuk Keunggulan Bangsa Indonesia Adalah

Rangkaian gerakan kedua tetap tidak berubah, dan ritme gerakannya dipercepat.Ingatlah bahwa cambuk ke bawah harus lebih kuat daripada cambuk ke atas.

Cara Renang Gaya Dada Yang Benar Dan Cepat

Usahakan jarak latihannya ditambah menjadi 15 m, dan cara latihannya sama seperti di atas. Jika Anda merasa sesak napas selama jarak latihan ini, cobalah menarik napas lalu menghembuskannya ke dalam air.

Sumbu gerak tungkai tidak menggunakan sendi panggul, melainkan sendi lutut. Alhasil, tidak ada yang terkilir, namun gerakannya seperti mendayung sepeda.

Kaki ditekuk terlalu tinggi saat melakukan gerakan, menyebabkannya keluar dari air. Hal seperti ini dapat menghasilkan gerakan percikan atau gerakan yang sangat kecil (amplitudo sempit). Hal seperti ini juga bisa menyebabkan gerakan tersentak-sentak pada kaki.

Perenang AS Caleb Dressel (kanan) dan perenang Prancis Florent Manadoux berkompetisi pada final gaya bebas 50m putra di Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, pada 1 Agustus 2021 Berpartisipasi bersama. Mahasiswa University of Florida ini telah meraih medali emas di beberapa ajang bergengsi. (Foto AP/Jeff Robertson)

Bab Viii Renang Gaya Bebas

Gerakan lengan pada gaya bebas berputar ke depan, mirip dengan gerakan baling-baling pesawat terbang. Artinya jika salah satu lengan berada di depan maka lengan lainnya berada di belakang.

Sudut tarikan yang baik adalah 90 derajat yang akan menghasilkan gaya paling kuat. Sedangkan push merupakan kelanjutan dari pull up ke arah paha. Kedua tindakan ini tidak dapat dipisahkan, tindakan merupakan satu kesatuan.

Pengembalian lengan ke depan dalam gaya bebas selesai setelah selesainya gerakan mendorong. Ini disebut pemulihan. Sebenarnya ada dua jenis pemulihan.

Gerakkan lengan Anda ke depan ke sisi tubuh di atas air, dengan siku lurus, disebut “pemulihan lebar”. Teknik ini cocok untuk pemula atau perenang dengan lengan lebih pendek.

Bab Viii Renang Gaya Dada

Kembalikan lengan ke depan, tarik siku ke atas, gerakkan ibu jari di sepanjang paha dan lanjutkan ke bawah hingga ke pinggang, lalu dorong siku ke depan hingga lengan lurus ke arah telinga. Gerakan ini disebut “pemulihan”. Dari Cotovelo Alto Teknik ini sering digunakan oleh perenang dengan lengan yang lebih panjang, sehingga memungkinkan frekuensi gerakan yang lebih besar dan menjaga keseimbangan tubuh melalui gerakan lengan.

Perenang Australia Emma McKeon menjadi juara nomor 100m gaya bebas putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, Rabu (28 Juli 2021). McCann tampil lebih baik daripada perenang Amerika Katie Ledecky, yang dianggap sebagai salah satu perenang terhebat sepanjang masa. (Foto AP/Peter David Joseph)

Pernapasan gaya bebas dilakukan satu arah, bisa ke kiri atau ke kanan. Ini berfungsi untuk jarak pendek dan menengah. Sedangkan pola pernapasan jarak jauh dan maraton biasanya bergantian 2X ke kiri dan 2X ke kanan.

Baca Juga  Adus Kringet Tegese

Salah satu kesulitan dalam belajar berenang bebas adalah pernafasan. Teknik gerakan kaki dan lengan mudah dikuasai. Setelah terkoordinasi dengan pernapasan, kebanyakan orang merasa kesulitan.

Macam Macam Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Yang Perlu Diketahui

Dalam posisi meluncur miring, gerakkan kaki ke depan dan ke belakang secara bergantian. Ulangi terus latihan ini ke belakang hingga gerakannya mulus dan lurus.

Dalam posisi miring dan geser, gerakkan kaki kiri dan kanan menyilang. Lalu tarik kembali lengan kiri dan kanan secara bergantian. Ulangi latihan ini beberapa kali hingga Anda dapat bernapas dengan normal.

Perenang Australia Emma McKeon menyentuh dinding untuk merebut emas pada final gaya bebas 50m putri Olimpiade Tokyo 2020 di Tokyo, Jepang, Minggu (1 Agustus 2021). McKeon lebih baik dari Maria Gorokhovskaya karena Gorokhovskaya meraih dua medali emas dan lima medali perak. (Foto AP/Jeff Robertson)

Gaya bebas ke kiri dan tarik lengan kanan sebanyak 2 kali; gaya bebas menghadap ke bawah dan tarik lengan kanan sebanyak 2 kali.

Rpp Kelas 5 Akuatik

B. Lakukan gaya bebas ke kanan dan tarik lengan kiri sebanyak dua kali.Berbaring lalu lakukan gaya bebas dan tarik lengan kiri sebanyak dua kali.

W. Jika Anda lebih suka bernapas ke kanan, gunakan latihan pertama. Jika Anda lebih suka bernapas ke kiri, gunakan latihan kedua. Ulangi terus latihan pernapasan ini hingga gerakan kaki, lengan, dan pernapasan Anda terkoordinasi dengan baik.

D. Gerakan gaya bebas dengan tangan kiri ke samping sebanyak 2 kali dan gerakan gaya bebas dengan tangan kanan ke bawah sebanyak 2 kali. Bergerak sangat lambat. Terus ulangi latihan ini. Jika gerakan tengkurap lengan kiri terkoordinasi dengan baik dengan gerakan tengkurap lengan kanan, hentikan latihan. Ambil sikap dan tarik napas dalam-dalam.

F. Tarik lengan kanan Anda ke dalam dan miringkan kepala dan dada Anda untuk mempersiapkan napas. Bawa lengan kanan Anda kembali ke depan dan tarik lengan kiri Anda ke belakang.

Cara Melakukan Renang Gaya Dada

Posisi badan saat bersandar tidak lurus sehingga tidak bisa terlalu banyak meluncur. Juga, jika Anda belum menguasai gaya bebas sampingan, ini dia.

Cara belajar renang gaya bebas, rangkaian gerakan renang gaya bebas, jelaskan cara melakukan start renang gaya bebas, bagaimana cara melakukan renang gaya bebas, jelaskan renang gaya bebas, teknik gerakan kaki renang gaya bebas, gerakan renang gaya bebas, gerakan lengan renang gaya bebas, gerakan kaki renang gaya bebas, teknik gerakan renang gaya bebas, fungsi gerakan kaki pada renang gaya bebas, cara melakukan gerakan kaki renang gaya bebas