AdvertorialNgawi

Awasi Peredaran Rokok Ilegal dengan Siroleg

Masyarakat Diminta Tidak Takut Melapor

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemberantasan rokok ilegal alias rokok polos terus digalakkan Ditjen Bea dan Cukai. Salah satunya melalui digitalisasi pelaporan rokok ilegal online melalui Sistem Informasi Rokok Ilegal (Siroleg). ”Untuk memudahkan OPD terkait dalam memberikan laporan rokok ilegal ke Bea Cukai,” ujar Iksan, pemeriksa Ahli Pertama Bea dan Cukai Madiun dalam sosialisasi tentang cukai di kantor Kecamatan Gerih Selasa (13/10).

Iksan menjelaskan, aplikasi yang diluncurkan pada Maret lalu itu sengaja dibuat sebagai instrumen pengawasan peredaran rokok ilegal yang saat ini mulai merambah sistem e-commerce. ”Ini (Siroleg, Red) juga bagian dari penerapan DBHCHT,” katanya.

Dia memastikan Siroleg menjamin kerahasiaan identitas saksi atau pelapor. Karena itu, dia mengimbau warga tidak takut melaporkan setiap kasus pelanggaran cukai.

Kabag Administrasi Perekonomian Setda Ngawi Aris Dewanto menyebut pemkab mengapresiasi inovasi sistem pelaporan rokok ilegal yang dikembangkan Bea dan Cukai. Pun, jajaran OPD terkait sudah mengikuti pelatihan terkait pengoperasian aplikasi tersebut. ”Pengoperasian Siroleg merupakan kewenangan DPPTK,” ujarnya.

Aris mengimbau masyarakat tidak segan melaporkan setiap pelanggaran cukai. Tak hanya rokok ilegal, tapi juga produk-produk lain yang wajib dikenai cukai. ”Hasil dari pungutan cukai akan dikembalikan ke masyarakat dalam bentuk pembangunan segala sektor,’’ tuturnya. (rio/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close