Ngawi

Awasi Pemudik Gelap, Petugas Hentikan Bus Travel-Truk Boks

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Target dan sasaran pemeriksaan kendaraan di momen larangan mudik Lebaran 2021 melebar. Bila sebelumnya berfokus pada kendaraan pribadi dan minibus, petugas gabungan di Ngawi kini juga harus memeriksa bus travel dan truk boks. ‘’Menindaklanjuti banyaknya travel gelap yang membawa pemudik ditilang di Jakarta,’’ kata Wakapolres Ngawi Kompol Inggal Widya Perdana, Senin (3/5).

Pemeriksaan kendaraan masih dipusatkan di dua titik perbatasan dan jalan bebas hambatan. Yakni, perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah di Mantingan; Desa Banyuurip, Ngawi, yang berbatasan dengan Bojonegoro; serta exit tol Solo–Kertosono (Soker) di Grudo. ‘’Pemeriksaannya tidak jauh beda dengan minibus, tapi lebih ketat,’’ ujarnya.

Inggal menyebut, para penumpang bus travel atau truk boks bakal diperiksa identitas dirinya. Jika antara satu penumpang dengan lainnya tidak saling mengenal alias tidak memiliki hubungan keluarga, maka kendaraan itu terindikasi travel gelap. ‘’Kami perketat memeriksa nomor polisi kendaraannya. Entah itu luar Ngawi, luar Jawa Timur, atau Jabodetabek,’’ terangnya sembari menyebut bahwa penumpang bakal dicek ada tidaknya surat keterangan bebas Covid-19.
Dia mengatakan, perjalanan bus travel atau truk boks yang kedapatan membawa pemudik bakal dihentikan paksa. Para penumpangnya diminta turun dan kendaraan diamankan untuk proses lebih lanjut. ‘’Sementara ini masih sebatas sosialisasi. Penindakannya baru dilakukan pada 6-17 Mei nanti,’’ ucapnya.

Belum adanya tindakan konkret menyesuaikan adendum surat edaran Satgas Covid-19 13/2021 tentang peniadaan mudik di momen Idul Fitri tahun ini. Tahap pertama mulai 22 April–5 Mei sebatas pengetatan. Kebijakan putar balik pemudik diterapkan pada 6–17 Mei. Sedangkan fase terakhir atau pasca-Lebaran hingga 24 Mei untuk pengetatan pemudik yang memutuskan pulang. (mg3/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button