Mejayan

Awas! Empat Kecamatan di Kabupaten Madiun Rawan Banjir Bandang

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Potensi banjir bandang dialami Kabupaten Madiun. Kondisi itu lantaran dipicu kurang maksimalnya resapan air di kawasan pegunungan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun Muhamad Zahrowi menyebut, ada empat kecamatan yang berpotensi terjadi banjir bandang. Yakni, Kare, Dagangan, Gemarang, dan Saradan. Itu tidak terlepas dari letak geografisnya di lereng Gunung Wilis.

‘’Banjir bandang bisa terjadi saat wilayah dataran tinggi tak mampu menahan air. Seperti yang terjadi di Desa Nampu (Kecamatan Saradan) belum lama ini,’’ ujarnya, Senin (22/3).

Zahrowi menjelaskan, tidak tertahannya air di wilayah pegunungan disebabkan minimnya daya resap pepohonan. Hutan yang gundul mengakibatkan air dari dataran tinggi langsung bablas ke wilayah yang lebih rendah.

Selain itu, menurutnya, potensi banjir bandang juga dipengaruhi adanya dua sungai besar di empat kecamatan tersebut. Dagangan dan Kare dilalui Bengawan Solo. Sementara, Gemarang dan Saradan dilintasi Sungai Brantas. ‘’Kalau kondisi sungai tidak normal, debit air juga tidak akan tertampung maksimal,’’ terangnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button