Madiun

Awas Cuaca Ekstrem

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Ini peringatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Juanda. Cuaca ekstrem diperkirakan terjadi beberapa hari ke depan di sejumlah kota/kabupaten di Jawa Timur.

Prakiraan BMKG bakal terjadi hujan kategori sedang hingga lebat dengan disertai petir dan angin kencang. ”Setiap hari perkiraan cuaca bisa berubah-ubah. Maka dari itu selalu kami update,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Juanda, Surabaya, Teguh Tri Susanto Minggu (2/2).

Dia menyebut, intensitas hujan beberapa hari ke depan diperkirakan berkisar 300-500 mm/h. Sedangkan kecepatan angin mencapai 20 km/jam. Sementara, kelembapan udara di kisaran 65-100 persen. ”Peringatan dini diberikan agar masyarakat waspada terhadap potensi bencana yang mungkin terjadi,” ujarnya sembari menyebut puncak musim penghujan di Jatim diperkirakan terjadi Februari hingga awal Maret.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Madiun sudah membentuk tim siaga dan posko bersama untuk menghadapi cuaca ekstrem. Tim tersebut melibatkan berbagai unsur seperti satpol PP, TNI/Polri, TRC BPBD, pemadam kebakaran, serta PMI. Posko tim siaga bencana yang didirikan di  kawasan alun-alun itu stand by selama 24 jam penuh. (mg3/c1/isd) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button