Magetan

Atur Jarak di Ruang Praktik, GTPP Asesmen Sarpras SMK

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tim Asesmen Kelayakan Operasional Usaha Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid (TAKOU GTPP) Covid-19 Magetan ketiban sampur bidang pendidikan.

Tim asesor harus menilai kelayakan SMK dalam menggelar kegiatan belajar-mengajar (KBM) tatap muka. Bila sebelumnya berkutat usaha pariwisata dan hiburan. ‘’Atas perintah gubernur Jatim (Khofifah Indar Parawansa, Red), pembelajaran tatap muka harus atas persetujuan GTPP,’’ kata Sekretaris TAKOU GTPP Covid-19 Magetan Ari Budi Santosa Kamis (13/8).

Ari mengungkapkan, lingkup asesmen adalah ruang praktik. Mulai pengaturan tempat, alat, hingga jumlah siswa di ruangan dalam satu kali sesi pembelajaran. Selain itu, sarana dan prasarana (sarpras) harus dilengkapi. Penekanan lainnya, siswa diminta membawa bekal dari rumah karena kantin ditutup. Juga menjaga jarak dan tidak berkeliling kelas. Sejauh ini, kata dia, empat SMK telah diasesmen. ‘’Masih ada yang belum dikunjungi tim asesor. Kami harus bergerak cepat,’’ ungkapnya.

Sementara itu, pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat Rafa Putra dan Fadhil, warga Kelurahan Bulukerto, Magetan, kangen bacaan buku perpustakaan sekolah. Belakangan ini keduanya kerap mendatangi pojok baca biro Radar Magetan di kelurahan setempat. ‘’Baca buku di sini karena belum boleh masuk sekolah,’’ kata Rafa kemarin.

Rafa suka baca buku dongeng. Sementara, Fadil yang masih taman kanak-kanak baca majalah anak-anak dengan banyak gambar. Aktivitas baca buku koleksi biro Radar Magetan itu dilakukan sembari menunggu teman-temannya selesai mengikuti KBM guru kunjung. ‘’Biasanya sambil makan es krim. Ternyata sambil membaca juga asyik,’’ terangnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Magetan Gatot Sapto Priyono menilai keberadaan pojok baca Radar Magetan sangat positif. Bentuk upaya meningkatkan minat baca masyarakat. ‘’Kelompok masyarakat atau instansi bisa mengajukan kerja sama peminjaman buku ke kami. Nanti bisa ditukar secara berkala,’’ paparnya. (fat/bel/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close