PonorogoSport

Atlet Pencak Silat Ponorogo Sumbang Emas Asian Games

PONOROGO – Pendekar-pendekar Indonesia merajai cabang olahraga (cabor) pencak silat Asian Games 2018. Tidak tanggung-tanggung, semua pesilat yang lolos ke babak final berhasil menyumbang medali emas. Siapa sangka, dari belasan atlet silat yang melaju ke babak puncak itu seorang di antaranya cah Ponorogo.

Aji Bangkit Pamungkas mempersembahkan medali emas di nomor tarung kelas I putra (85-90 kilogram). Di final Senin siang (27/8), warga Jalan Rumpuk, Kelurahan Kertosari, Babadan, itu berhasil menumbangkan atlet Singapura Sheik Ferdous Sheik Alauddin dengan skor telak 5-0.

‘’Kemenangan Bangkit tak lepas dari penonton yang tiada henti meneriakkan yel-yel dukungan,’’ kata Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Ponorogo Rahmad Taufik yang ikut menonton langsung di Padepokan Pencak Silat Taman Mini Indonesia Indah (TMII), venue pertandingan.

Taufik mengatakan, Bangkit bermain ofensif namun taktis hingga sepanjang pertandingan lawan seolah terjepit. Gemuruh sorak sorai penonton, lanjut dia, membuat pesilat yang sudah menjajal sejumlah kejuaraan internasional itu semakin bersemangat. ‘’Menang mutlak. Luar biasa. Semua bangga padanya,’’ ungkap pria yang juga legislator itu.

Bangkit lolos ke final setelah di semifinal menumbangkan atlet Vietnam Duy Tuyen Nguyen. Hasil itu sekaligus menuntaskan balas dendam lantaran saat di Sea Games 2017 lalu Bangkit dikalahkan Nguyen. ‘’Hasil yang benar-benar sempurna,’’ tuturnya sembari menyebut laga empat besar itu berlangsung ketat.

Dia mengatakan, rencananya Bangkit bakal dijemput dan diarak berkeliling Ponorogo. Selain bentuk apresiasi, hal itu diharapkan menumbuhkan motivasi di kalangan atlet pencak silat Kota Reyog lainnya agar bisa mengikuti jejaknya menjadi pesilat berprestasi. ‘’Yang jelas, pencapaian ini tidak lepas dari usaha Bangkit dan para pelatihnya,’’ ujarnya.

Sekadar diketahui, Bangkit sudah beberapa kali menjuarai ajang bergengsi. Di antaranya, juara I Kejurnas Pencak Silat 2016, Juara III Pra Sea Games 2017, juara III Belgia Open 2017, juara I Kejuaraan Pencak Silat Asia ke-3 2017, dan juara III Belgia Open 2018. (mg7/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button