Pacitan

ASN Kemenag Positif Korona, Pacitan Masuk Zona Merah

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Pacitan kini berstatus zona merah korona. Itu setelah hasil swab salah seorang pasien dalam pengawasan (PDP) nomor 4 yang merupakan ASN kantor kemenag setempat didapati positif terinfeksi Covid-19. ”Hasilnya baru kami dapatkan tadi sore dari provinsi (gubernur, Red),” kata Bupati Pacitan Indartato, Kamis (9/4) malam.

Dengan demikian, lanjut dia, status Pacitan saat naik dari siaga menjadi tanggap darurat Covid-19. Sebagai tindak lanjut, pemkab bakal meningkatkan pengawasan di wilayah perbatasan dan melakukan tracing lanjutan. ”Kami minta masyarakat untuk tenang, tetap gunakan masker untuk mencegah potensi penularan,” ujar bupati yang akrab disapa Pak In tersebut.

Dia  mengungkapkan sebelumnya terdapat dua sampel PDP yang dikirim ke Litbangkes Kemenkes beberapa waktu lalu. Salah satunya sampel dari ASN kemenag itu. Dia diduga tertular saat mengikuti pelatihan pendamping haji di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya lalu.  ”Sementara untuk pasien yang positif sudah melakukan karantina di RSUD sejak seminggu lalu,’’ terang Indartato.

Sementara sampai dengan saat ini terdapat empat PDP di Pacitan. Sekorang PDP di antaranya telah dinyatakan sembuh. Sedangkan, tiga pasien lainnya masih menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr Darsono. Di samping itu satgas pencegahan Covid-19 Pacitan mencatat ada 9.755 orang dengan risiko (ODR) dan 418 orang dalam pengamatan (ODP). (gen/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close