Magetan

Asesmen Jadi Syarat Rekomendasi Buka

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Tempat hiburan malam (THM) di Magetan belum mendapat rekomendasi dari GTPP Covid-19 untuk buka lagi. Pasalnya, penularan virus korona masih cukup tinggi. Pemkab setempat bakal melakukan asesmen ke THM untuk menerapkan protokol kesehatan. ‘’Akan kami lihat dulu perencanaan protokol kesehatannya,’’ kata Kabid Penegak Perda Satpol PP dan Damkar Magetan Fery Yoga Saputra Rabu (29/7).

Dinas perindustrian dan perdagangan (disperindag), dinas pariwisata dan kebudayaan (disparbud), gugus tugas percepatan penanganan (GTPP) Covid-19, dinas kesehatan (dinkes), dan dinas perhubungan (dishub) juga bakal dilibatkan. Bukan hanya pelayanan yang akan dinilai, tapi juga lahan parkirnya. ‘’Jaga jarak harus benar-benar dipantau ketat,’’ jelasnya.

Hasil asesmen akan dijadikan acuan untuk minta rekomendasi ke GTPP Covid-19 jika THM ingin kembali beroperasi. Sehingga, jika layak buka, THM bisa beroperasi dengan pemantauan ketat. ‘’Percuma jika dari awal sudah dinilai tapi tidak diterapkan saat beroperasi,’’ ujarnya.

Asesmen bakal diberlakukan ke seluruh THM baik yang berizin maupun tidak. Fokusnya penerapan protokol kesehatan. Jika tidak diasesmen tidak bisa mengajukan rekomendasi GTPP Covid-19. Jika melanggar saat beroperasi akan disanksi. Paling berat pencabutan izin operasional. Termasuk THM yang nekat buka saat pandemi. ‘’Bagi THM yang sudah diizinkan buka tetap harus taat peraturan,’’ tegasnya.

Sebelumnya sudah ada sosialisasi penerapan protokol kesehatan untuk THM. Saat ini masih akan dikaji untuk membentuk tim asesmen. ‘’Teknisnya nanti menyusul,’’ sebutnya. (fat/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close