Madiun

Asal Kabupaten Madiun, tapi Dalang Cilik Satu Ini Sering Diusung Daerah Lain

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Nama Nabil Ekri Rasfadillah belakangan menjadi perbincangan publik menyusul keberhasilannya menyabet predikat dalang terbaik dalam Festival Dalang Bocah Tingkat Nasional 2020.

Namun, ada cerita menarik di balik berkibarnya nama remaja 15 tahun asal Desa Sambirejo, Jiwan, itu. Nabil mengikuti berbagai ajang perlombaan seni tidak mengusung panji Kabupaten Madiun sebagai daerah asalnya dengan berbagai alasan. Pun, pemerintah daerah lain yang justru memberikan fasilitas dan ruang untuk pengembangan bakat remaja itu.

‘’Kabupaten Madiun jarang mengirim perwakilan saat ada lomba. Bukan maksud apa-apa sebenarnya. Sebagai orang tua, saya hanya ingin anak bisa mengembangkan bakatnya dan berprestasi,’’ ujar Rudy Erlambang, ayah Nabil, Sabtu (27/3).

Kondisi tersebut, kata Rudy, juga tidak terlepas dari faktor geografis tempat tinggalnya yang berada di wilayah perbatasan. ‘’Sebagai warga Kabupaten Madiun saya fleksibel. Yang merangkul nanti daerah mana, yang penting anak saya untuk berkeseniannya bisa terarah, terdidik, dan punya pembinaan yang jelas,’’ tuturnya.

Nabil sendiri mulai akrab dengan wayang kulit sejak kelas II SD. Pun, bersungguh-sungguh ingin menekuni bakat ndalang-nya. Seiring berjalannya waktu, sejumlah prestasi berhasil diraih. Mulai tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button