Mejayan

Karya Ukiran Limbah Kayu Joko Suwiono Rambah Mancanegara

CARUBAN, Jawa Pos Radar Caruban – Ukiran kayu Joko Suwiono tak bisa diremehkan. Karya seniman 40 tahun itu sudah tersohor hingga mancanegara. Lima tahun sudah seniman ini berproduksi. ‘’Sempat kerja serabutan di kota-kota besar. Lalu pulang dan menekuni ukiran limbah kayu yang tidak terpakai,’’ kata seniman yang tinggal di RT 8 RW 4, Mojorejo, Kebonsari, ini.

Sejak lama Joko mengidolakan berbagai tokoh pewayangan. Semula dia iseng mengukir karakter wayang Krisna. Ternyata, ada peminatnya. Prosesnya jelas tidak singkat. Butuh ketelatenan dan bahan berkualitas. ‘’Bisa memakan waktu seminggu,’’ ujarnya.

Belum lama suami Pipit Dwi Ernawati ini mendapat pesanan membuatkan logo kampung pesilat. Dia juga membuat suvenir seperti tempat bolpoin dan gantungan kunci. Sebulan, pendapatan hingga puluhan juta bisa diraihnya. Mengingat harga satu ukiran karyanya bisa tembus jutaan rupiah. Tergantung bentuk dan tingkat kesulitan. ‘’Bupati juga pesan wayang Kresna sesuai favoritnya,’’ tuturnya. (mgc/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button