Madiun

Arus Mudik-Balik Lebaran, Jumlah Kendaraan yang Lewat Gerbang Tol Madiun Turun Drastis

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Moblitas kendaraan yang melintas di Gerbang Tol Madiun saat arus mudik-balik Lebaran tahun ini anjlok. PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) mengklaim selama 12 hari terakhir turun lebih dari 50 persen. ‘’Catatan kami sampai hari ini, terdapat penurunan lalin (lalu lintas) 65,56 persen terhadap lalin new normal,’’ kata Humas JNK Ujang Rohmana, Selasa (18/5).

Penurunan intensitas kendaraan di jalur tol sudah dirasakan JNK sejak diberlakukan larangan mudik Lebaran Kamis lalu (6/5). Jika biasanya ada sekitar 13 ribu kendaraan per hari, turun menjadi 4.000. Tren penurunan tersebut terus berlangsung selama penyekatan berlangsung. ‘’Di GT Madiun, penurunan jumlah kendaraan sudah sangat terasa di hari pertama penyekatan,’’ ungkapnya.

Di GT Madiun, sehari sebelum penyekatan diberlakukan, Rabu (5/5), terdapat 6.226 kendaraan keluar-masuk. Perinciannya, 2.867 kendaraan di portal entrance (masuk) dan 3.359 di portal exit (keluar). Kemudian, jumlah kendaraan di GT Dumpil itu anjlok sejak penyekatan diberlakukan. ‘’Hari pertama (penyekatan), lalin di GT Madiun total cuma separonya, yaitu 3.247 kendaraan. Yakni 1.596 kendaraan di entrance dan 1.651 di exit,’’ papar Ujang.

Selama 12 hari penyekatan, hanya ada 16.684 kendaraan melintasi portal entrance. Sementara 17.121 kendaraan di exit. Untuk angka lalin harian selama momen Lebaran ini juga naik-turun antara entrance dengan exit. ‘’Bagaimanapun ketentuan penyekatan itu amat berdampak pada jumlah lalin di jalur tol,’’ terangnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button