Madiun

Arus Balik Masih Diwarnai Penumpukan Kendaraan

MADIUN – Penumpukan kendaraan masih mewarnai arus balik. Pada H+3 Lebaran Minggu (9/6) terjadi kemacetan di beberapa titik. Paling parah di ruas Jalan Raya Madiun-Caruban. Tepatnya mulai utara Terminal Purboyo hingga SPBU Nglames.

Pantauan Jawa Pos Radar Madiun sekitar pukul 14.00, penumpukan kendaraan juga sempat terjadi di perempatan selatan gerbang tol Dumpil.  ”Ya, sempat terjadi penumpukan, tapi hanya beberapa menit. Selebihnya lancar,” kata kepala pos pam setempat AKP Nuryadi.

Terpisah, Kasatlantas Polres Madiun AKP Imam Mustolih memastikan petugas telah siaga untuk mengambil langkah jika terjadi penumpukan arus lalu lintas di titik-titik rawan kemacetan. ‘’Sudah ada petugas yang selalu mengecek dan sigap untuk mengurai jika terjadi kepadatan lalu lintas,’’ kata Imam.

Dia menyebut, arus balik kemarin masih terbilang padat. Meski begitu, kendaraan dapat melintas dengan kecepatan hingga 80 km/jam. Berbeda dengan hari sebelumnya yang hanya 50-60 km/jam. ‘’Hari ini (kemarin, Red) terhitung lancar dibandingkan hari sebelumnya,’’ lanjutnya.

Dia menambahkan, sejauh ini rekayasa lalu lintas tidak diterapkan saat terjadi kemacetan. Petugas mengambil langkah fleksibel jika ada penumpukan kendaraan. Yakni, dengan mengecek titik trouble dan mengambil langkah untuk melancarkan arus lalu lintas. ‘’Cukup efektif sehingga penumpukan cepat terurai,’’ ungkapnya.

Dia mengimbau kepada para pengguna jalan untuk berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas. Jika capek, diharapkan tidak nekat melanjutkan perjalanan. ‘’Lebih baik istirahat terlebih dahulu, baru meneruskan perjalanan setelah badan sudah kembali fit,’’ ucapnya. (mg7/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button