News

Arti Tangan Kanan

×

Arti Tangan Kanan

Share this article

Arti Tangan Kanan – Melakukan sesuatu dengan tangan kiri seringkali membawa banyak rasa malu di Indonesia. Kami meminta teman-teman kami di sebelah kiri untuk berbagi pengalaman mereka sejauh ini.

Di Indonesia, kita sudah mengenal kata-kata “Aku ada di tanganmu yang baik” sejak kecil. Jika kalimat tersebut berasal dari orang tua atau gurumu, maka gunakanlah tangan kanan. Tak heran jika ada yang namanya “tangan nakal” di Indonesia. Diskriminasi terhadap orang kidal masih sangat kuat di Indonesia. Bukan fenomena baru jika orang tua atau guru memaksa anak menggunakan tangan kanan dalam menjalankan tugas, khususnya menulis dan makan. Jelas sekali, jika Anda mencermati datanya, menjadi kidal seringkali merupakan sebuah kerugian di dunia. Padahal orang kaya hanya berjumlah 10-12 persen dari populasi dunia.

Arti Tangan Kanan

“Secara psikologi, sebaiknya anak kidal tidak dipaksa menjadi kidal. Ditakutkan akan mematikan bakat terpendamnya,” kata psikolog Elizabeth Santosa saat dihubungi Indonesia. Hingga saat ini, banyak orang tua di Indonesia yang melatih anaknya menggunakan tangan kanan untuk menjadi dominan. Saya adalah seorang anak kidal yang karena pekerjaan akhirnya memilih untuk menjadi kidal. Namun saya tetap membawa tas dan benda berat dengan tangan kiri, saya bisa menulis dengan tangan kiri meskipun lembut, dan saya tidak pernah memakai jam tangan di tangan kiri. Elizabeth mengatakan, sebenarnya tidak ada salahnya melatih anak mengendalikan tangan di luar kepentingannya. Meski demikian, Elizabeth – dua dari tiga anaknya kidal – mengaku sangat penting bagi orang tua untuk mengetahui apa yang disukai anaknya sejak awal. Akan menjadi istimewa dan unik jika anak tersebut ternyata bertangan dua; alias dia bisa menggunakan kedua tangannya secara merata untuk segala jenis tugas. Orang-orang seperti itu hanya berjumlah 1 persen dari populasi dunia. “Indonesia masih mendukung sistem kolektivis, artinya mereka mengutamakan perilaku, aturan, dan praktik yang beragam,” kata Elizabeth. “(Asumsi) ini kadang bertentangan dengan penelitian ilmiah dan psikologi. Jadi [menggunakan tangan kiri] tetap haram. Kami masih meyakini tangan kiri itu tangan yang jahat, tangan penolong, tangan untuk membersihkan anus. Ini dia [ gambar] tangan kiri untuk semua orang. “Kiri” sering dikaitkan dengan konotasi negatif, sedangkan “kanan” adalah sebaliknya. Dalam bahasa Inggris kata “kiri” berasal dari “lyft” yang berarti “lemah” atau “tidak berguna”. Abad ke-16, di bawah kekuasaan Gereja Katolik, orang-orang kidal sangat dianiaya, mereka dikatakan bersekongkol dengan setan. Orang-orang bahkan lebih buruk lagi, di beberapa tempat Mereka tampaknya sudah berkembang, seperti Amerika Utara dan Eropa , diskriminasi terhadap orang kidal bersifat sistematis. Sekolah memaksa siswanya menggunakan tangan kanan dengan mengikat tangan kirinya ke kursi agar tidak digunakan. Diskriminasi masih lazim. Tiga tahun lalu, Joshua Goodman dari Harvard’s Kennedy School menerbitkan sebuah penelitian kontroversial yang menunjukkan bahwa orang kidal lebih sulit bersaing dengan orang yang tidak kidal dalam hidup. Hal ini karena “orang kidal lebih emosional, memiliki masalah kognitif, lebih mungkin menderita disleksia, dan sering bekerja di bidang yang tidak memerlukan keterampilan kognitif.” Banyak penelitian selanjutnya membuktikan temuan Goodman tidak relevan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa diskriminasi mempengaruhi orang-orang kidal pada tingkat yang berbeda-beda hingga saat ini. Jika perlakuan tidak menyenangkan masih saja terjadi di negara maju, bagaimana nasib masyarakat kidal dalam budaya umum Indonesia yang menghargai penggunaan tangan kanan?

Baca Juga  Peta Wilayah Tempat Tinggalku

Cara Membaca Garis Tangan Jodoh Lengkap Dengan Petunjuk Gambar, Cek Peruntungan Cintamu Yuk!

Apakah anda mempunyai masalah kidal di keluarga Minang? Sepanjang ingatanku, hal-hal penting seperti makan selalu ada di pikiranku. Karena dalam budaya Minang kita sering makan dengan tangan dan bukan dengan sendok, jadi saya tidak masalah. Namun jika saya berada di tempat umum seperti sekolah atau restoran, saya selalu ditegur karena memegang sendok dengan tangan kiri. Namun untuk hal lain seperti menulis atau melakukan sesuatu tidak menjadi masalah. Kecuali yang berkaitan dengan tradisi budaya yang membutuhkan tangan kanan, saya diajari hal ini sejak kecil. Misalnya berjabat tangan, memberi sesuatu, menerima sesuatu dari seseorang. Apakah Anda kesulitan menyesuaikan diri sebagai seorang anak? Tidak masalah bagi Anda untuk mengambil barang dari orang seperti itu karena sulit dan Anda tidak memiliki alatnya. Ketika saya sempat mengambilnya dengan tangan kiri, saya [dan orang tua saya] langsung menyentuh tangan saya. Yang paling sulit adalah makan dengan sendok. Sejauh ini tidak normal. Meski sebenarnya bisa. Saya hanya menggunakan tangan kanan saya untuk memegang sendok di depan orang lain. Kalau saja aku bisa mengerti, aku akan menyendok dengan tangan kiriku hahaha. Pernahkah Anda berjuang di sekolah dan belajar menulis? Apakah gurumu memaksamu menggunakan tangan kanan? Awalnya sulit dan saya harus banyak mengajar, bahkan di rumah. Tapi aku tetap tidak bisa, malah aku menunda-nunda. Pada akhirnya saya lepaskan saja, saya tidak memaksanya lagi. Saat itu saya lamban dalam menulis sehingga tidak fokus pada apapun karena saya fokus belajar menulis dengan tangan kanan. Ini baru permulaan Periklanan Kelas 1 Apakah Anda merasakan diskriminasi budaya sebagai orang kidal? Ada, kata mereka: gunakan tangan yang pintar (silakan gunakan tangan yang baik). Dengan baik. Hal yang paling menyebalkan dari teman-temanku adalah: aku menggunakan tanganku. Bagi saya, saya cuek, dan karena itu hanya pernyataan dan bukan sifat perilaku, misalnya saya ditolak atau ditinggalkan. Saya tahu secara tradisional dan agama tangan kiri adalah tangan untuk mencuci. Jadi. Sangat menyenangkan di awal sekolah dasar. Tidak ada yang punya masalah setelah itu. Malah sering dibilang tangan kiri itu kreatif hahaha. Nah sekarang efeknya makin bangga jadi kiri? Agak bangga karena saya berbeda. Saya bisa menggunakan kedua tangan untuk beberapa hal. Hahaha, kebanggaan. Sebagai seorang kidal, adakah hal yang ingin Anda sampaikan kepada orang tua atau lembaga pendidikan? Selama tidak melanggar kaidah peradaban, menurut saya tidak masalah. Jangan memaksa anak untuk menggunakan tangan kanannya jika ia tidak mampu. Lakukan hal yang sama untuk mereka. Karena selama ini saya melakukan hal tersebut dan akhirnya saya tidak merasa kalau menggunakan tangan kiri itu salah. Ketahui saja tempat dan waktunya.

Baca Juga  Rumus Kimia C3h8 Merupakan Homolog Dari

Apakah Anda bergelut sebagai orang kidal karena budaya Indonesia yang mengharuskan menggunakan tangan kanan? Terkadang sulit untuk melupakan kepribadian Anda. Misalnya ketika mereka membayar makanan untuk ibu-ibu yang sudah tua, mereka memberikan uang dengan menggunakan tangan kiri. Teman saya yang orang Jawa bilang, itu tidak sopan di masyarakat Jawa. Apakah keluarga Anda menganggap tangan kiri sebagai “tangan buruk” dan tangan kanan sebagai “tangan baik”? Orang tua saya juga mengajari saya bahwa menggunakan tangan kiri itu “buruk”. Soalnya mungkin saya tidak dipaksa untuk menggunakan tangan kanan saya saat beriklan. Jadi tidak ada tekanan dari orang tua saya untuk selalu menggunakan tangan kanan saya dalam melakukan sesuatu? Saya sering dimarahi saat makan. Saya akhirnya mencobanya dan sekarang saya bisa makan dengan tangan saya. Tapi kalau pakai sendok masih agak ribet. Kita juga diajari cara menerima sesuatu, tapi aku masih lupa kalau harus pakai tangan kanan, hehe. Jadi kalau makan pakai sendok, yang kiri dominan. Kecuali pakai tangan, jangan pakai sendok, wajar kalau pakai dengan benar. Alhamdulillah saya masih bisa mengikuti nasehat agama dan makan dengan tangan kanan. Pernahkah kamu mempunyai masalah di sekolah? Ketika saya belajar menulis, saya ingat gurunya menyumbang karena dia tidak bisa menggunakan tangan kanannya. Ngomong-ngomong, dulu hobiku menggambar, jadi aku menggunakan tangan kiriku untuk menggambar lebih baik, aku masih menulis dengan tangan kiriku. Sebagai orang kidal, apakah Anda merasa hal ini merupakan diskriminasi budaya? Apakah dia terpaksa menggunakan tangan kanannya, tapi maksudnya, ya. Saya sering mendengar bahwa tangan kanan adalah tangan yang baik, dan saya juga seorang Muslim. Dalam agama saya dianjurkan menggunakan tangan kanan. Saya masih mengikuti nasihat agama. Ini tidak berarti tangan kiri itu buruk. Saya tidak pernah merasa didiskriminasi. Faktanya, saya menikmati melakukan sesuatu dengan tangan kiri saya. Masalahnya, saya tidak yakin apakah orang lain bisa seperti saya. Habis itu tangan kiri jadi tangan kanan, kalau kiri gak ada kan kan? Kalau tak suka dengan tangan kiri, tuntutlah pencipta tangan itu. Jadi terima kasih saja karena masih terlibat Iklan Apakah menurut Anda ada yang ingin Anda sampaikan kepada anak kidal Anda atau orang tua dari anak kidal, dan lembaga pendidikan? Bagi sobat yang sebelah kiri, lanjutkan aktivitas sobat seperti biasa. Jangan lupa untuk mengenakan pakaian yang pantas guna menghormati tradisi kesopanan dan memenuhi anjuran agama. Penggunaan orang kidal adalah yang terbaik, nanti akan mendapat keseimbangan, bisa menggunakan kiri atau kanan. Sama sekali tidak seperti orang yang benar. Tidak perlu lembaga pendidikan memaksa orang kidal sejak lahir. Karena banyak orang bilang kalau orang kidal itu spesial. ha ha ha ha

Baca Juga  Ukuran Lingkar Kepala Remaja 16 Tahun

Sebagai orang kidal, apakah Anda kesulitan untuk berbaur dengan budaya Indonesia, mengapa harus menggunakan tangan kanan? Saya tidak menghadapi banyak kesulitan dalam kehidupan sehari-hari. Soalnya banyak adat istiadat umum di Indonesia yang sulit dipatuhi, apalagi saat menerima atau memberikan sesuatu kepada orang lain. Di negara kita, kita diharapkan memberikan sesuatu dengan tangan kanan. Saya biasa menggunakan tangan kiri saya. Itu sebabnya saya sering meminta maaf kepada orang lain ketika keadaan seperti ini. Aku sudah lama berpikir, kenapa kamu minta maaf? Karena itu adalah sesuatu yang saya miliki sejak lahir. Saya menjadi lebih percaya diri dalam menggunakan tangan kiri saya karena banyak teman saya yang kagum atau iri setelah saya menemukan tangan kiri saya. Terkadang saya menertawakan jawaban-jawaban ini karena sangat aneh. Meskipun kidal adalah hal yang normal. Keluargamu memaksamu

Arti kedutan telapak tangan kanan, apa arti tangan kanan, arti garis tangan kanan, benjolan di tangan kanan, arti kedutan tangan kanan, arti kata tangan kanan, arti telapak tangan kanan kesemutan, arti ungkapan tangan kanan, arti garis telapak tangan kanan, arti kedutan pada tangan kanan, arti gatal telapak tangan kanan, arti kesemutan tangan kanan