Magetan

Arpus Magetan Mulai Cicil Menata Koleksi Buku di Rak

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Arpus) Magetan mulai menata buku-buku ke rak di lantai bawah meski rehabilitasi gedung belum sepenuhnya selesai. Itu dilakukan lantaran pengunjung perpustakaan yang hendak membaca dan meminjam buku tidak surut. ‘’Sudah mulai kami cicil menata buku,’’ kata Kabid Pengembangan Perpustakaan Dinas Arpus Magetan Dwi Suprih Selsa (12/11).

Sisi selatan gedung tersebut sudah ditata untuk ruang baca anak. Ada mainan dan sekeliling tembok dipenuhi rak lengkap dengan bukunya. Sedangkan sisi utaranya kini digunakan untuk menyimpan buku.

Sementara, ruang baca yang selama ini menjadi satu dengan rak saat masih berada di lantai atas telah dipisah. Pengunjung tak lagi duduk di kursi bagian tengah rak buku saat membaca. ‘’Kami tata ulang supaya pengunjung nyaman. Lagi pula sekarang tempatnya sudah luas,’’ paparnya.

Namun, belum semua buku tertata di rak. Masih banyak yang belum dikeluarkan dari karung lantaran proses rehabilitasi gedung belum kelar. Pun, pintu sisi depan belum dipasang. ‘’Tiap malam ada yang jaga. Harus dipastikan keamanannya,’’ ujar Dwi sembari menyebut sebagian komputer juga telah dipindah ke bawah.

Selain mulai menempatkan buku ke rak, pustakawan juga membenarkan posisinya sesuai jenisnya. Sebab, sejumlah koleksi diketahui nyasar. Itu terjadi karena pengunjung biasanya membawa buku berkeliling rak. Namun, setelah mendapatkan buku lain yang lebih pas, buku lama tidak dikembalikan ke tempat semula. ‘’Tapi, tidak masalah. Itu jadi salah satu indikator banyak warga yang berkunjung ke perpustakaan,’’ sebutnya.

Dwi tidak bisa memastikan kapan penataan itu selesai. Kendati demikian, pihaknya tak menutup pintu bagi pengunjung yang ingin membaca dan meminjam buku. ‘’Karena bukunya belum kami tata semua, kalau ingin membaca ya buku yang ada saat ini,’’ pungkasnya. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button