Madiun

Arkeolog Gali Bukti Peradaban Purba di Sumberbendo

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sumberbendo memiliki daya tarik yang tinggi di mata arkeolog. Desa di Kecamatan Saradan itu diyakini menyimpan bukti sejarah peradaban purba. Maret mendatang, tim Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran berencana melakukan ekskavasi lanjutan. ‘’Di salah satu titik ada kemungkinan menyimpan fosil manusia purba jenis baru,’’ kata Kades Sumberbendo Suprapto, Senin (1/2).

Ekskavasi di Sumberbendo telah dilakukan sejak tahun lalu. Sebulan terakhir BPSMP intens meneliti temuan fragmen yang telah diangkat. Hasilnya, ditemukan fosil belulang hewan purba seperti kuda nil, gajah, banteng, dan kura-kura. ‘’Saat ini disimpan di balai desa. Karena masing-masing fosil belum lengkap, sehingga perlu ekskavasi lanjutan,’’ terangnya.

Dari sejumlah titik ekskavasi yang telah disurvei, ada satu yang menarik bagi kalangan arkeolog. Lokasinya berada di tepi sungai. Mulanya warga curiga terhadap tekstur tanah yang tergerus air. Bentuknya menyerupai fosil dan tidak padat. ‘’Ketika dipukul, ada semacam rongga di tanah. Peneliti BPSMP menduga terdapat fosil manusia purba yang belum pernah terdata sebelumnya,’’ beber Suprapto. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button