Ponorogo

Arca Diduga Sosok Agastya Ditemukan di Desa Sawuh

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sebuah arca ditemukan di area persawahan Desa Sawuh, Siman, Ponorogo. Sayang, kondisi arca berwujud manusia itu sudah tidak utuh lagi. Hanya tersisa bagian paha ke bawah.

Arca tersebut ditemukan petani bernama Brenggil di sawah milik almarhum Tohir, mantan kepala Desa Sawuh, Minggu lalu (24/11). Bermula saat pria itu hendak membajak sawah. Beberapa saat berselang, traktor mengenai benda keras seperti batu. ‘’Sampai mata bajaknya bengkok,’’ kata Kades Sawuh Siswanto Rabu (27/11).

Brenggil lantas berinisiatif menggali sampai kedalaman 30 sentimeter. Matanya terbelalak setelah mendapati bongkahan batu itu ternyata merupakan potongan arca. Pihak desa yang mengetahui kejadian itu lalu menghubungi dinas pariwisata (dispar).

Senin lalu (25/11) tim dispar mendatangi area persawahan tersebut untuk mengecek secara langsung. Potongan arca itu, lanjut Siswanto, lantas dibawa ke balai Desa Sawuh. Setelah diukur, tingginya mencapai 32 sentimeter dan lebar 30 sentimeter. ‘’Menurut dispar, sejenis patung Agastya, perwujudan Dewa Siwa. Diduga lokasi itu dulu tempat pemujaan dewa untuk agama Hindu,’’ paparnya.

Kepala Dispar Ponorogo Agus Sugiarto mengatakan, Selasa lalu (27/11) pihaknya mengirim foto berikut berita acara temuan arca itu ke Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur. ‘’Isinya permintaan agar segera menurunkan tim ke lokasi karena ini sudah memasuki masa tanam,’’ katanya.

Agus berkomentar banyak terkait sosok pada arca tersebut. Dia memilih menunggu tim BPCB turun ke lokasi. ‘’Sangat dimungkinkan masih ada temuan lain (di area persawahan itu). Nanti akan diinventarisasi semua. Ini temuan benda bersejarah yang penting,’’ ujarnya. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close