Magetan

Arca Dewi Sri di Dekat Telaga Sarangan

Berharap Tidak Dipindah dari Kebun Pembibitan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Wilayah pegunungan Magetan ternyata juga menyimpan peninggalan sejarah. Di Kelurahan Sarangan, Plaosan, misalnya, ada arca Dewi Sri. Tepatnya di kebun pembibitan hortikultura tak jauh dari Telaga Sarangan. ‘’Sudah didaftarkan di BPCB Trowulan,’’ ungkap Ketua Komunitas Wukir Mahendra Jojo Priyono Jumat (1/11).

Dia menyebut, arca itu ditemukan pada 2017 lalu. Pun, telah ditinjau pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Magetan. Sayang, kondisinya sudah berlapis semen. ‘’Mungkin dulunya sempat dipakai satu hotel untuk air mancur, karena ada besinya,’’ katanya.

Arca itu disebut-sebut lebih besar ketimbang arca Dewi Sri di Simbatan. Dari ukurannya, muncul dugaan di sekitar Sarangan dulu terdapat kolam pemandian. ‘’Harusnya ada dua. Satu Dewi Sri dan satunya Dewi Laksmi,’’ tuturnya.

Menurut dia, arca itu sebaiknya tidak dipindahkan. Tetap dipertahankan berada di kebun pembibitan hortikultura Dinas Pertanian Provinsi Jatim. Selain agar keasliannya tidak berubah, setidaknya di lokasi tersebut ada petugas yang bisa menjaganya sehingga terhindar aksi perusakan. (fat/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button