Ponorogo

Apresiasi Unjuk Rasa Mahasiswa, Ipong Acungkan Jempol

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Gelombang unjuk rasa (unras) mahasiswa di berbagai daerah belum berakhir. Namun, di Bumi Reyog, situasi mulai mereda. Meski begitu, perjuangan mahasiswa di kabupaten ini mendapat banyak apresiasi. Jempol itu salah satunya datang dari Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni. ’’Saya menghormati apa yang dilakukan teman-teman mahasiswa,’’ kata Ipong.

Selasa, 24 September lalu, puluhan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Ponorogo menggelar unras di depan kantor DPRD Ponorogo. Mereka menuntut penyelesaian atas sejumlah polemik, seperti RUU KUHP, revisi UU KPK, hingga penanganan karhutla dan dugaan kekerasan di Papua. Hal serupa juga dituntut ratusan mahasiswa gabungan dari berbagai kampus, keesokan harinya. ’’Aksi yang dilakukan mahasiswa Ponorogo tertib, ini patut diapresiasi,’’ ujarnya.

Di mata Ipong, unras sah saja dilakukan oleh mahasiswa. Hak menyampaikan pendapat juga diakui dalam konstitusi. Dia pun mengapresiasi kepedulian mahasiswa Ponorogo terhadap berbagai isu nasional saat ini. Menurutnya, aksi yang dilakukan mahasiswa dari berbagai daerah patut diapresiasi semua pihak. Yang patut diapresiasi, sikap mahasiswa yang berupaya tertib dan tidak anarkis dalam menyampaikan aspirasi di muka umum.

’’Itu hak mahasiswa, menyampaikan pendapat yang berkaitan dengan berbagai isu nasional. Ini memang masif, terjadi di seluruh negeri, bukan hanya di Ponorogo,’’ sebutnya.

Ketua sementara DPRD Sunarto ikut mengapresiasi. Dua kali kantornya didemo, dua kali pula Sunarto keluar dan menemui massa. Tak hanya beraudiensi langsung, dewan juga sepakat mendukung aspirasi mahasiswa. Kesepakatan dari dua kelompok mahasiswa sudah ditindaklanjuti wakil rakyat dengan diteruskan ke ibu kota. Kepada DPR RI serta presiden. ‘’Kami mengapresiasi dan memfasilitasi tuntutan teman-teman mahasiswa. Karena yang disuarakan oleh mereka adalah demi kebaikan semua pihak,’’ tuturnya. (naz/c1/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close