Ponorogo

Aplikasi Warog Tambah Fitur Harga Sembako

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Fluktuasi harga kebutuhan pokok di Ponorogo saat ini masih sulit terpantau secara online. Kondisi tersebut memicu pemkab untuk mengembangkan aplikasi Warta Ponorogo (Warog) sebagai penyedia informasi harga kebutuhan pokok. ‘’Kami menyambut positif bahwa Ponorogo sudah bergerak membuat aplikasi sendiri,’’ kata Kabid Aplikasi Informatika Diskominfo Jatim Nirmala Dewi.

Di beberapa daerah saat ini memang sedang gencar membuat aplikasi untuk banyak hal. Selain soal birokrasi, juga untuk layanan masyarakat. Warog kali pertama dirilis di platform Android pada 23 Juni lalu. Aplikasi tersebut menyediakan fungsi media informasi, komunikasi, dan penyampaian aspirasi seputar Ponorogo, UMKM, dan pariwisata. Sampai saat ini, sudah lebih dari 500 kali diunduh melalui Play Store. Pembaruan terakhir pada 8 Desember lalu.

Di era sekarang, dorongan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat, kata Nirmala, bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Tak hanya penyediaan informasi, namun juga menciptakan pasar baru bagi para pengusaha lokal. Dukungan terhadap upaya tersebut juga dilakukan pemprov lewat pembuatan situs komeji.id (Komunitas E-Commerce Jatim). ‘’Aplikasi ini disiapkan menjadi marketplace atau situs jual beli untuk warga Jatim,’’ terangnya.

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Bambang Suhendro menambahkan, keberadaan aplikasi semacam itu bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan kelas mereka. ‘’Harapan kami, masyarakat Ponorogo bisa memanfaatkan berbagai aplikasi ini untuk mendorong usaha masing-masing,’’ ucapnya. (naz/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close