PeristiwaPonorogo

Apes! Lupa Bakar Sampah, Rumah Jadi Arang

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Apa yang menimpa Sugeng Riyono, warga Desa Kradenan, Jetis, ini patut menjadi pelajaran agar berhati-hati saat membakar sampah. Rumah pria 33 tahun itu hangus dilalap jago merah Jumat (1/10). Kebakaran akibat kelalaian meninggalkan sampah dalam kondisi api masih menyala. ‘’Ditinggal masuk rumah dan tidur sekitar pukul 13.00,’’ kata Kapolsek Jetis AKP Suwito.

Sugeng menyadari rumahnya terbakar setengah jam kemudian. Dia terbangun dari tidurnya setelah mencium bau hangus. Matanya mendapati kobaran api menghanguskan dinding hingga tempat parkir. Dia lantas berteriak minta tolong ke tetangga. Pemadaman dilakukan dengan air seadanya. Sri Widiati, istri Sugeng, yang baru pulang dari pasar berteriak histeris. ‘’Korban (Sugeng) yang masih terjebak di dalam rumah dievakuasi oleh tetangganya,’’ ucapnya.

Api berhasil dipadamkan setelah mendatangkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar). Memakan waktu sekitar satu setengah jam. Belakangan diketahui, mobil  Isuzu Panther milik Sugeng di tempat parkir ikut menjadi korban. Kendaraan nopol AE 1049 SI itu hanya tersisa kerangka. Surat-surat penting dan uang tunai sekitar Rp 15 juta ikut terbakar. ‘’Kerugian ditaksir mencapai Rp 150 juta,’’  ungkap kapolsek.

Sugeng menyebut, hasil olah tempat kejadian perkara penyebab kebakaran tidak ada unsur kesengajaan. ‘’Murni akibat kelalaian korban yang membakar sampah,’’ ujarnya.

Hadi Susanto ketua tim reaksi cepat (TRC) menyebut, dua anak Sugeng dan Sri mengungsi ke sebuah stan  di Pasar Jetis. ‘’Kami tidak lelah menyampaikan ke masyarakat untuk selalu berhati-hati saat membakar sampah atau apa saja bila angin berembus lumayan kencang,’’ katanya. (dil/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button