News

Apakah Terdapat Konsep Puncak Kebudayaan

×

Apakah Terdapat Konsep Puncak Kebudayaan

Share this article

Apakah Terdapat Konsep Puncak Kebudayaan – Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Kemendikbud Hilmar Farid saat memaparkan Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023 di Jakarta, Selasa (04-09-2023). FOTO: PRELASI KEMENTERIAN KOMUNIKASI, KEBUDAYAAN DAN TEKNOLOGI

JAKARTA, – Tahun ini Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) kembali digelar. Sebagai hari libur nasional yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), PKN 2023 mengedepankan semangat praktik budaya yang baik dalam serangkaian kegiatan yang dihadirkan dalam forum kolektif yang melibatkan berbagai aspek dan elemen lingkungan hidup, mulai dari pegiat budaya. . kepada masyarakat.

Apakah Terdapat Konsep Puncak Kebudayaan

PKN tahun ini mengangkat tema “Peduli Bumi, Peduli Budaya” dengan tujuan memberikan makna dan relevansi pada setiap kegiatan seni dan budaya yang berakar pada nilai budaya dan kearifan lokal.

Improfest 2022 Kenalkan Budaya Tradisional Indonesia Pada Mahasiswa Baru

“Topik ini merupakan cerminan pandangan kami tentang bagaimana budaya dan alam dapat dan harus berjalan bersama. Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Hilmar Farid mengatakan: “Ketika kita berbicara tentang menjaga budaya, kita berarti berbicara juga tentang nilai-nilai yang kita ajarkan untuk menghargai bumi sebagai satu-satunya rumah kita.” di Jakarta, Selasa (4/9/2023).

Menurut Hilmar Farid, PKNya tahun ini bukan sekadar hajatan, tapi juga misi. Misi ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa budaya berperan dalam menciptakan masa depan bumi yang berkelanjutan. “Dalam keberagaman budaya kita terdapat solusi dan inovasi lokal yang bisa kita terapkan untuk menjaga kelestarian lingkungan,” jelasnya.

Ketua Dewan Kurator PKN 2023 Ade Darmawan pun menjelaskan filosofi “lumbung” yang dianut pada ajang PKN 2023. Menurut Ade, ibarat lumbung yang dikenal dalam budaya dan keseharian masyarakat Indonesia. , Sisi saham menjadi dasar metode aksi PKN 2023. Hal ini juga tergantung pada nilai gudang sebagai tempat penyimpanan, dekorasi dan pemikiran, serta unsur sosialnya.

“Pelaksanaan ‘lumbung’ yang diprakarsai oleh Dewan Pengawas menandakan bahwa PKN akan menjadi forum kolektif untuk serangkaian kegiatan yang terencana dan terorganisir yang melibatkan praktisi seni dan budaya serta masyarakat. “Dalam konteks ini, upaya praktik baik Lumbung. untuk mendukung pengembangan budaya kolektif dan kolaboratif secara luas,” jelasnya.

Malam Puncak Anugerah Musik Indonesia Ke 26 Segera Digelar Dengan Konsep Yang Lebih Menarik Dari Sebelumnya

Ade Dermawan menjelaskan, gudang merupakan wadah kolektif, tempat seluruh sumber daya yang dimiliki oleh berbagai pihak disimpan dan dikelola. Dengan cara ini, gudang menjadi kekuatan pendorong utama dan mendasari kerja kolaboratif untuk menafsirkan dan mengelola sumber daya, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

“Dalam konteks PKN, inventarisasi bukan sekedar subjek, tapi cara kerja. Praktik ini mendorong terjadinya pembagian sumber daya dan kekuasaan antar banyak praktik di berbagai wilayah di Indonesia untuk saling belajar, terlibat dan memberdayakan satu sama lain di seluruh wilayah. ekosistem,” jelas Ade Darmawan.

Baca Juga  Perlindungan Negara Terhadap Penduduk Dalam Memeluk Agama Termaktub Dalam Pasal

Pelaksanaan PKN tahun ini dibagi menjadi tiga tahap, yaitu pemeliharaan, pemanenan, dan distribusi. Tahap “Rawat” merupakan acara berupa kegiatan permukiman dan penelitian yang berlangsung mulai bulan Juni 2023. Setelah tahap “Panen” ini berlangsung pada bulan Juli hingga Agustus 2023. Pada tahap “Pengolahan” akan dikumpulkan hasilnya , didokumentasikan dan diarsipkan. Terakhir, fase “Berbagi”, yaitu fase puncak antara bulan September hingga Oktober 2023, dimana seluruh karya dibagikan melalui pameran, tur, jamuan makan, pertunjukan, konferensi, lokakarya bahkan publikasi untuk konsumsi publik.

Dalam rangkaian acara puncak PKN tahun 2023 ini diperkenalkan konsep “Ruang Lingkungan” sebagai tempat bertemunya seluruh penonton. PKN 2023 ibarat rumah yang siap menyambut seluruh masyarakat dalam kehangatan ruang tamu. Kemudian di ruang tamu ini akan tercipta perbincangan tidak hanya antar pelaku budaya, namun juga antar masyarakat/pengunjung, sehingga membuka peluang kolaborasi dan aksi kolektif untuk memperluas semangat #IndonesiaMelumbungforMelambung.

Karakteristik Tugas Manajamen Puncak Dalam Pendidikan Islam

“Semua itu diwujudkan dalam bentuk ruang tamu yang akan disebar di beberapa tempat di Jakarta. Ruang tamu sebagai tempat berkumpul, berdiskusi, dan berbincang merupakan titik awal kolaborasi yang bisa terjadi di masa depan,” kata Ade Dermawan.

Rangkaian PKN 2023 ini diselenggarakan oleh delapan advokat yaitu Temu Jalar, Voice Chain, Gerakan Kalcer, Way of Life, Network, Rimpang, Literasi Alam dan Budaya, Edukasi Budaya dan Proyek Sedekah Bumi. Terdapat total 35 sub kegiatan dari delapan sumber utama.

Puncak acara pada fase “Berbagi” akan dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2023 dengan serangkaian pameran dan acara publik seperti Pasar Pengetahuan, Pasar Barter, dan Festival Perahu Tancap. Lokasi puncak kegiatan PKN sendiri akan digelar di 38 titik di Jakarta, terdiri dari ruang publik dan ruang komunitas.

Lokasi unggulan Galeri Nasional, Museum Sadar Nasional, MBloc, Produksi Film Negara (PFN), Taman Suropati, Taman Menteng, Sungai BKT, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Lembaga Pembinaan Anak Swasta (LPKA) Ciganjur, Pasar Cipulir Jumat. , Stasiun Senen, Stasiun Bogor, Taman di Jembatan Hitam, Blok M Square, MRT Lebak Bulus, MRT Bundaran HI, Penjaringan, Jagakarsa, Paseban, Bekasi, Rawamangun, Cipinang Melayu, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Kebon Jeruk, Duri Selatan, Kawasan Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Sempur, RPTRA Galur, RPTRA Pulau Pramuka, RPTRA Kali Pasir, Alun-alun Cilandak, Fx Sudirman, Alun-Alun Kota Bogor dan Terowongan Kendal.

Baca Juga  Mengapa Saat Awalan Kamu Harus Berlari Kencang Sebelum Menolak Kaki

Masa Pendudukan Jepang

Sedangkan Kongres Kebudayaan Indonesia (KIC) akan diselenggarakan setiap 5 tahun sekali. Selain itu, berbagai rekomendasi kegiatan PKN 2023 khususnya dari simposium akan disampaikan dan direkomendasikan. Usulan-usulan ini kemudian akan menjadi dasar kebijakan budaya masa depan.

Rangkaian kegiatan yang telah dipersiapkan sejak bulan Juni 2023 diharapkan dapat diterima dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat, khususnya pada puncak perayaan yang akan dilaksanakan pada tanggal 20-29 Oktober 2023. “Semangat kolektif dan kolaboratif yang ditumbuhkan dalam semangat #IndonesiaMelumbungforMelambungs tidak hanya terbatas pada seni dan budaya, diharapkan dapat terus berlanjut tanpa henti rangkaian PKN di tahun 2023.  Menjadi energi yang terus memberikan semangat kepada para penggiat, pelaku dan seluruh pelaku seni dan budaya di seluruh Indonesia untuk terus berkolaborasi dan berkreasi, kata Ade Darmawan.(adv) Berikan rincian bantuan apa saja yang Anda perlukan beserta anggaran dan jangka waktunya. Pertanyaan diajukan secara anonim dan dapat dijaga kerahasiaannya 100%.

Menghubungkan Anda dengan guru terbaik untuk membantu Anda menjawab pertanyaan Anda. Guru kami berkualifikasi tinggi dan terverifikasi.

Instruktur Anda yang cocok memberikan bantuan yang dipersonalisasi berdasarkan pertanyaan spesifik Anda. Pembayaran hanya dilakukan setelah Anda menyelesaikan sesi 1 lawan 1 dan puas dengan sesi Anda.

Pdf) Kultur Demokrasi Dalam Kepemimpinan Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945

Akuntansi Periklanan Bioteknologi Bisnis Penerbitan Hukum Bisnis Rencana Bisnis Komunikasi Analisis Data Bisnis Excel Facebook Pemasaran Perhotelan Perusahaan Internasional Pemasaran Internet Jurnalisme Pemasaran Berita Manajemen Pemasaran Powerpoint Media Siaran Pers Beranda Siaran Pers Manajemen Perusahaan Manajemen Risiko Manajemen Olahraga Rantai Pasokan Pariwisata

Studi Afrika Studi Amerika Animasi Antropologi Arsitektur Seni Studi Asia Makanan dan kue Studi budaya Tari Desain dan pengajaran pendidikan Bahasa Inggris Studi etnis Desain fesyen Film Fashion Studi gender Geografi Studi gender Studi global Desain grafis Sejarah manusia Desain interior Desain Yahudi Studi Paris Arsitektur Studi Amerika Latin Linguistik Musik Studi Timur Tengah Teori musik Filsafat Ilmu politik Psikologi Agama Ilmu sosial Sosiologi Teater Perencanaan kota Isu-isu perempuan

Aljabar Matematika Terapan Komputasi Aritmatika Kriptografi Persamaan Diferensial Matematika Diskrit Geografi Grafik Linier Aljabar Matematika Teori Bilangan Analisis Numerik Teori Himpunan Probabilitas Teori Statistik Trigonometri

Pengembangan Aplikasi .NET Bash Pemrograman C C# C++ Clojure CoffeeScript Erlang F# Go Haskell Html / CSS Java Javascript jQuery / Prototipe Linux Lisp MathLab MySQL OCaml Pascal Perl PHP Pemrograman Pinterest Python Q# R Ruby Rust Pengembangan Aplikasi Web Swift Swift

Uts Kebudayaan Indonesia

Pertanian Anatomi Fisika Terapan Astrobiologi Astronomi Astrofisika Biokimia Biologi Botani Kimia Bumi dan Luar Angkasa Eksplorasi Ekologi Ilmu Lingkungan Genetika Informasi Geografis Geologi Mikrobiologi Fisika Ilmu Roket Ilmu Keberlanjutan Zoologi

Baca Juga  Suku Batak Karo Dan Suku Batak Toba Berdiam Di Pulau

Aplikasi Akuntansi Seni Menulis Penulisan Esai Biologi Entri Blog Kimia Bisnis Komunikasi Ilmu Komputer Penulisan Kreatif Penyuntingan Keuangan Teknik Penyalinan Email Bahasa Inggris Ilmu Lingkungan Film Bahasa Asing Geografi Tata Bahasa Kesehatan dan Kedokteran Sejarah Manusia Hukum Sastra Manajemen Pemasaran Matematika Filsafat Kuantitatif Filsafat Powerpoint Desain Produk Pemrograman Psikologi Riset & Ringkasan Penulisan Sains Parafrase SAT Teks Shakespeare Penulisan Ilmu Sosial Penulisan Lagu Terjemahan & Penulisan Bahasa Buku Putih

Kedokteran Gigi Kiropraktik Diet Kebugaran Kesehatan Global Kesehatan dan Pengobatan Imunologi Kinesiologi Terapi Musik Ilmu Saraf Nutrisi Keperawatan Ilmu Makanan Farmakologi Kesehatan Masyarakat Kesehatan Masyarakat Terapi Bicara Toksikologi Kesehatan

Teknik dirgantara Teknik biomedis Teknik kimia Teknik sipil Sistem komputer Desain data teknik Teknik elektro Teknik lingkungan Teknik industri Desain komputer Teknologi informasi Teknik mesin Desain produk Rekayasa perangkat lunak

Pekan Kebudayaan Nasional 2023 Ajak Rawat Bumi & Budaya — Tfr

Algoritma & Struktur Data Kecerdasan Buatan Linguistik Ilmu Komputer Data Keamanan Cyber ​​Pembelajaran Mesin Sistem Operasi Pengembangan Web

Anissa Marisa 01S2HM001 Dr. Yoyon M Darusman, S.H., M.H. NEGARA YUNANI DAN HUBUNGANNYA DENGAN POLISI DALAM PERADABAN YUNANI Masyarakat selalu hidup bersama dengan orang lain dalam kehidupan bermasyarakat, Aristoteles menyebutnya Zoon Politicon dan setiap orang dalam masyarakat mendefinisikan dirinya sendiri, apakah ia bisa menjadi negara. bukan. Dengan asumsi bahwa setiap masyarakat yang bukan negara selalu menjadi bagian dari negara. Kata stat (negara) pada zaman Yunani kuno masih berbentuk Polis-polis atau negara Yunani, yaitu pada masa mula-mula merupakan suatu tempat yang berada di atas bukit dan banyak penduduk yang tinggal di sana. mereka membangun sebuah tempat untuk tinggal bersama dan kemudian tempat itu dikelilingi oleh tembok kastil untuk melindunginya dari serangan musuh dari luar. Yunani klasik terkenal dengan para pemikirnya seperti Socrates (469-399 SM), Plato (427 SM), Aristoteles (384-322 SM), namun tidak banyak mengembangkan teori hukum seperti bangsa Romawi. Selain para pemikir tersebut, Yunani juga banyak melahirkan orang-orang cerdas di bidangnya, seperti Pericles (500-429), penguasa dan ahli perang, Herodotus (485-425 SM), sejarawan, Hippocrates (460-375 SM). ). ) ahli kedokteran, Alexander Zulkaren / Alexander Agung (356-323 SM) raja dan jenderal besar, Archimedes (287-212 SM) fisikawan dan masih banyak lagi…

Dibuat oleh pengguna

Pada usus besar terdapat bakteri bersifat apakah bakteri tersebut jelaskan, konsep kebudayaan nasional, konsep dasar kebudayaan, konsep kebudayaan, pengertian konsep kebudayaan, konsep kebudayaan indonesia, makalah konsep kebudayaan, konsep perubahan kebudayaan, konsep kebudayaan menurut para ahli