News

Apa Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Menyatukan Keragaman

×

Apa Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Menyatukan Keragaman

Share this article

Apa Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Menyatukan Keragaman – Bagi sebagian besar masyarakat, organisasi adalah sebuah rumah, dimana mereka dapat bertemu dengan kenalan-kenalan yang mempunyai visi, misi dan tujuan untuk mewujudkan sebuah impian, agar masing-masing dari mereka selalu berperilaku ideal, sesuai dengan standar yang telah ditetapkan olehnya. organisasi. Selain itu, terdapat nilai-nilai yang mendorong anggota untuk terlibat dalam perilaku yang melampaui pekerjaan atau penyelesaian tugas. Nilai-nilai penuntun sering disebut sebagai budaya organisasi, sebagaimana dikemukakan Davis (1984);

“Pola keyakinan dan nilai-nilai organisasi yang dipahami, diserap, dan dipraktikkan oleh organisasi sedemikian rupa sehingga pola tersebut memberikan makna tersendiri dan menjadi landasan perilaku dalam organisasi disebut budaya organisasi.”

Apa Yang Harus Dilakukan Pemerintah Dalam Menyatukan Keragaman

Model keyakinan atau nilai ini tentunya tidak dibentuk dan disusun secara sembarangan, melainkan dirumuskan sedemikian rupa dengan mempertimbangkan beberapa aspek, salah satunya adalah asal usul anggota organisasi. Di Indonesia sendiri, negara multikultural dengan beragam agama, suku, etnis, bahasa, dan budaya, sangat mudah untuk menemukan organisasi yang anggotanya berasal dari berbagai penjuru nusantara. Mulai dari organisasi tingkat sekolah, universitas, kabupaten atau kota hingga tingkat nasional yang diwujudkan oleh kementerian dan lembaga pemerintah lainnya.

Keberagaman Modal Utama Membangun Ntb Yang Lebih Baik

Keniscayaan ini tentu menjadi peluang sekaligus tantangan bagi organisasi, yang harus mampu merangkul keberagaman dan mengintegrasikannya ke dalam kerangka organisasi demi mencapai tujuannya.

Seorang manajer mutlak diperlukan untuk memiliki pengetahuan menyeluruh tentang seluk beluk organisasi yang dipimpinnya. Dalam hal ini menggunakan pendekatan yang bertujuan untuk memahami setiap anggotanya, baik agama, bahasa, etnis, budaya atau bahkan asal usul tradisional. Selain memahami keberagaman yang ada di organisasi Anda, Anda juga harus mampu menyikapi dengan baik untuk bisa menggabungkan perbedaan-perbedaan tersebut menjadi satu kesatuan.

Perubahan teknologi, ekonomi, politik, dan sosial budaya mempunyai dampak positif dan negatif bagi organisasi dan tidak lepas dari pemimpin yang mengelolanya. Perubahan yang radikal dan tidak dapat diulangi ini berarti diperlukannya kepemimpinan yang dapat memprediksi perubahan yang direncanakan. Manusia merupakan faktor penting dalam perubahan yang direncanakan. Pemimpin di era globalisasi adalah pemimpin yang harus berwawasan luas, kreatif, inovatif, dan tidak ketinggalan.

Dalam perspektif Indonesia, “pemimpin” sering juga disebut sebagai penghulu, penguasa, perintis, pembangun, pemerhati, pembimbing, guru, pelaku, ketua, jaksa, raja, tua-tua, dan sebagainya. Sedangkan istilah pemimpin digunakan dalam kaitannya dengan hasil penggunaan peran yang berkaitan dengan kemampuan individu dalam mempengaruhi orang lain dengan berbagai cara.

Ppkn Bs Kls X

Istilah manajer dan pemimpin aslinya berasal dari kata yang sama “germo” dan berikut beberapa di antaranya.

1. Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kemampuan kepemimpinan dan mampu mempengaruhi kedudukan atau pendapat seseorang atau sekelompok orang tanpa menanyakan suatu alasan.

Baca Juga  Seruling Merupakan Salah Satu Contoh Alat Musik

2. Pemimpin adalah tindakan atau peran dalam suatu sistem tertentu. Oleh karena itu, seseorang yang menduduki jabatan formal belum tentu memiliki kemampuan kepemimpinan dan belum tentu mampu memimpin. Istilah kepemimpinan pada dasarnya berkaitan dengan keterampilan, kemampuan dan pengaruh seseorang; Oleh karena itu, kepemimpinan dapat dimiliki oleh orang-orang yang bukan “pemimpin”.

3. Pemimpin adalah orang yang mempunyai kemampuan dan kelebihan, termasuk keterampilan/kelebihan dalam bidang tertentu, yang memungkinkannya mempengaruhi orang lain untuk melakukan kegiatan tertentu secara bersama-sama untuk mencapai satu atau lebih tujuan.2

Indonesia Jadi Contoh Kerukunan Beragama, Menkumham Sharing Kebijakan Pemerintah Di Irf Summit 2022

4. Manajer merupakan faktor penentu berhasil tidaknya suatu lembaga. Lembaga formal dan informal, keberhasilan suatu lembaga ditentukan oleh kualitas pemimpinnya. Sebab pemimpin yang berkualitas akan mampu mengelola lembaga yang dipimpinnya.

Sesungguhnya pemimpin adalah orang yang mampu menjadikan rakyatnya menaati perintah Allah dan Rasul-Nya dengan penuh ketakwaan. Oleh karena itu, Anda harus menunjukkan ketaatan yang sejati. Namun, jika seorang penguasa tidak menaati Allah dan Rasul-Nya, maka rakyat tidak wajib menaatinya. Jadi ketaatan kepada pemimpin tidaklah mutlak seperti ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, inilah salah satu tanda-tanda yang dapat dipetik dari firman Allah yang tidak menyebutkan kata ketaatan yang dapat dipetik dari firman Allah yang tidak menyebutkan kata ketaatan. belum lagi ketaatan kepada pemimpin (Ulil Amri), termuat dalam surat An-Nisa Al-Qur’an [4:59]. Ayat ini menjelaskan bahwa ketaatan mutlak kepada Allah SWT dan Rasul-Nya berarti hidup manusia harus berpegang teguh dan berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadits. Ketaatan kepada seorang pemimpin adalah sah selama kepemimpinannya didasarkan pada pedoman yang tertuang dalam ajaran Islam, namun jika terjadi perbedaan pendapat mengenai kebenaran dan keadilan, segeralah kembali ke jalan Allah.

Indonesia merupakan negara kesatuan yang penuh dengan keberagaman. Indonesia terdiri dari berbagai budaya, bahasa daerah, ras, suku, agama dan kepercayaan, dll. berdiri Namun Indonesia mampu menyatukan keberagaman tersebut sesuai semboyan bangsa Indonesia, “Bhinneka Tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda namun tetap satu. Sebagai masyarakat majemuk, Indonesia mempunyai dua kecenderungan atau dampak yaitu kelebihan dan kekurangan akibat keberagaman budayanya. Keunggulan keberagaman budaya di Indonesia: (1) dapat mempererat tali persaudaraan; (2) menjadi aset pariwisata yang dapat menghasilkan pendapatan negara; (3) memperkaya kebudayaan nasional; (4) sebagai identitas negara Indonesia di mata seluruh negara di dunia; (5) dapat dijadikan ikon pariwisata untuk menarik wisatawan berkunjung ke Indonesia; (6) jumlah wisatawan yang banyak dapat menciptakan lapangan kerja; (7) sebagai pengetahuan bagi seluruh warga dunia; (8) sebagai media hiburan edukatif; (9) munculnya rasa nasionalisme warga negara terhadap negara Indonesia; dan (10) mengharumkan nama Indonesia di mata dunia melalui keberagaman budaya yang kita miliki. Di satu sisi, keberagaman dapat merugikan kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemungkinan negatif tersebut tampak dalam bentuk (1) perilaku konfliktual antar suku yang berbeda dan (2) pemaksaan oleh kelompok berkuasa sebagai kekuatan utama pemersatu masyarakat. Dalam keadaan seperti ini, kita sebagai anggota masyarakat harus selalu menjaga keberagaman tersebut pada tingkat tren yang positif. Hal ini dapat kita lakukan dengan (1) benar-benar memahami hakikat keberagaman dan (2) meningkatkan kemampuan kita berkomunikasi secara efektif dengan masyarakat lain yang benar-benar berbeda suku, agama, kelompok, atau budayanya.

Baca Juga  Mengapa Lingkungan Alam Dikatakan Sebagai Sumber Penghidupan Bagi Makhluk Hidup

Gaya pengelolaan yang berdasarkan kerjasama, kerjasama merupakan kunci utama dalam pengelolaan. Kunci kolaborasi ini menjadikan setiap individu sebagai pemain penting dalam pekerjaannya di perusahaan. Kolaborasi ini akan semakin kuat jika masing-masing individu atau kelompok mempunyai peran dalam setiap perdagangannya dan bertindak sebagai konduktor utama yang memastikan seluruh tim berfungsi sesuai alur.

Pdf) Cara Menyikapi Keberagaman Yang Ada Di Kampus

Kolaborasi tersebut akan semakin terasa jika ikon atau figur yang bergerak tersebut benar-benar merupakan orang yang benar-benar menginspirasi, baik karena karyanya maupun performanya dalam bekerja. Ia menggerakan seluruh unsur kerjasama dengan tenaga yang tidak terbatas, tidak mengenal ruang dan waktu, sehingga akan terasa kerjasama yang dilandasi permukaan kerja yang terbuka, yang dapat mendorong terciptanya karya baru, dapat menghasilkan inovasi-inovasi baru, menjadikan diri lebih baik dan lebih berguna. individu dengan kolaborasi ini.

– Bertindak sebagai penghubung (connector) dengan banyak peran dan koneksi dalam dunia bisnis yang beragam, mampu menghubungkan ide dan konsep dari berbagai sumber terkait.

– Menarik talenta-talenta yang berbeda baik di dalam maupun di luar organisasi dan kemudian menggabungkan mereka berdasarkan pengalaman, pengetahuan, latar belakang sosial dan budaya pemimpin

– Penciptaan model kerjasama dimulai dari atas, dan tujuan utamanya adalah menyasar dan melibatkan orang-orang yang berkompeten untuk bekerjasama, sehingga para pemimpin benar-benar menjadi model kerjasama.

Bentuk Negara Indonesia: Negara Kesatuan Dan Republik

– Tunjukkan tangan besi Anda agar tim tidak terlibat pertengkaran, sehingga Anda bisa mengelola tim dan mengemban tanggung jawab dengan baik.

Kepemimpinan kolaboratif melakukan banyak hal untuk bisnis dengan memastikan bahwa setiap kolaborasi bermanfaat bagi semua pihak yang terlibat. Dengan menunjukkan bahwa kolaborasi ini menciptakan peluang dan menciptakan tim yang efektif, Anda menciptakan lingkungan di mana para pemimpin menikmati kepercayaan yang besar. Penciptaan struktur kerjasama yang berfokus pada perubahan dan pengembangan berkelanjutan, sehingga tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan baru yang lebih meningkatkan efisiensi organisasi.

Dari sudut pandang perkembangan manusia, progresif artinya kita selalu berproses, selalu bergerak maju, yang kemudian menjadi lebih sempurna. Contoh lainnya adalah jika Anda seorang pembelajar, pelajar atau orang yang setiap hari mencari ilmu dan tidak menambah sedikit pun. buku, maka kami tidak mengatakan itu sedang dalam pengembangan.

Baca Juga  Objek Yang Digambarkan Dalam Simbol Garis Dalam Peta Menggambarkan

Beri saya sepuluh remaja putra dan saya akan mengguncang dunia dengan sepuluh remaja putra ini. Aku akan memindahkan Gunung Semeru bersama seratus pemuda. (Bung Karno)

Aplikasi Desa Digital

Ungkapan heroik di atas pernah dilontarkan Presiden Soekarno dalam pidatonya di hadapan pemuda Indonesia. Soekarno menggambarkan secara kiasan bahwa peran dan kehadiran pemuda sangat penting dalam sejarah panjang bangsa Indonesia. Pada kesempatan lain, Soekarno mengakui tanpa peran pemuda, perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak akan mungkin terwujud.

Membalik halaman sejarah persilatan bangsa Indonesia, kita akan selalu menjumpai kisah-kisah perjuangan besar yang dipimpin oleh generasi muda. Gerakan kebangkitan nasional yang digagas Budi Utomo (1908), perjuangan pemuda (1928), perjuangan kemerdekaan Indonesia (1945), penggulingan rezim lama (1966), peristiwa malaria (1974) dan kemunduran negara yang penuh kekerasan. Sistem Orde Baru (1998). Peran pemuda menempati tempat yang sangat penting dalam peristiwa tersebut.

Misalnya kita bisa menyerap energi muda para pahlawan nasional seperti Ir.Soekarno, KH. Wahid Hasyim, Mohamad Natsir, Tan Malaka, Sjahrir dan lain-lain. Kepemimpinan mereka dimulai sejak usia muda. Seruan revolusioner mereka bergema seperti satu kata di seluruh negeri; mandiri dan mandiri. Bahkan pahlawan nasional lainnya seperti KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Ahmad Dahlan mendirikan organisasi Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah dalam usia yang relatif muda. Tokoh-tokoh besar berusia dua puluhan dan tiga puluhan sudah mengabdikan diri pada perjuangan nasional.

Oleh karena itu, tidak salah jika kita berasumsi bahwa perubahan besar pada suatu negara atau bangsa dimulai dari generasi muda. Semangat pemuda adalah semangat perubahan, aktif, dinamis, jenaka, kreatif, visioner, pekerja keras dan mempunyai nilai-nilai positif bagi pembangunan bangsa.

Buddha Bs Kls Viii (1)

Dengan demikian, semangat positif yang melekat pada diri generasi muda setiap era harus diwarisi oleh generasi milenial era saat ini. Termasuk berpikir positif untuk terlibat aktif dalam politik. Karena dunia

Apa yang harus dilakukan ketika ambeien, apa yang harus dilakukan agar cepat hamil, apa yang harus dilakukan saat ambeien kambuh, apa yang harus dilakukan saat anxiety kambuh, saat gerd kambuh apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan penderita diabetes, apa yang harus dilakukan jika ambeien kambuh, gula darah tinggi apa yang harus dilakukan, apa yang harus dilakukan ketika ambeien kambuh, apa yang harus dilakukan saat insomnia, apa yang harus dilakukan ketika insomnia, apa yang harus dilakukan ketika gerd kambuh