News

Apa Saja Yang Ditimbulkan Dari Keragaman Suku Bangsa

×

Apa Saja Yang Ditimbulkan Dari Keragaman Suku Bangsa

Share this article

Apa Saja Yang Ditimbulkan Dari Keragaman Suku Bangsa – 1. Menciptakan integrasi sosial 2. Meningkatkan kekompakan dan toleransi masyarakat 3. Menghasilkan keuntungan di bidang pariwisata 4. Meningkatkan perekonomian masyarakat 1. Konflik dalam masyarakat 2. Munculnya paham primitivisme 3. Munculnya etnosentrisme 4. Fanatisme yang berlebihan

Indonesia merupakan negara dengan keberagaman yang sangat besar mulai dari keberagaman suku, ras, budaya, bahasa, agama, dan suku. Keberagaman masyarakat Indonesia pada umumnya disebabkan oleh banyak faktor seperti perbedaan geografis, kepercayaan, sejarah dan masih banyak lagi.

Apa Saja Yang Ditimbulkan Dari Keragaman Suku Bangsa

Lalu apa dampak keberagaman masyarakat Indonesia terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia? Simak aspek positif dan negatifnya di bawah ini untuk penjelasan dampak keberagaman bagi masyarakat Indonesia.

Bahan Ajar Ukin Ok

Keberagaman merupakan salah satu ciri yang melekat pada masyarakat Indonesia. Perbedaan inilah yang membuat masyarakat Indonesia berusaha untuk hidup rukun dan saling menghargai keberagaman.

Dengan begitu, Indonesia akan menjadi negara yang damai dan aman. Ada banyak faktor yang menyebabkan keberagaman di Indonesia, yaitu sebagai berikut.

Bagaimana keberagaman dalam masyarakat Indonesia mempengaruhi pola perilaku masyarakat Indonesia dari sudut pandang positif? Di bawah ini kami uraikan beberapa dampak dan dampak keberagaman masyarakat Indonesia dari sudut pandang positif.

Salah satu dampak dari keberagaman masyarakat Indonesia adalah munculnya integrasi sosial. Integrasi sosial adalah proses merangkul berbagai aspek keberagaman dalam masyarakat. Faktor-faktor tersebut antara lain budaya, etnis, kepercayaan, dan lain-lain.

Sub1tema 7 Kls 4 Lks Maestro

Dengan terciptanya integrasi sosial, tentu masyarakat akan lebih baik hidup bersama secara harmonis dan saling menghormati perbedaan.

Keberagaman masyarakat Indonesia baik dari segi budaya, suku, etnis atau adat istiadat menyebabkan perbedaan kedudukan, kondisi sosial dan mata pencaharian. Keberagaman masyarakat Indonesia secara tidak langsung menumbuhkan nilai persatuan dan toleransi antar masyarakat.

Baca Juga  Yang Termasuk Warna Sekunder Adalah

Sikap toleran dalam masyarakat ini berarti menghargai ras sendiri, tidak menghina ras lain, bertemu dengan teman yang berbeda ras, menghargai keindahan budaya ras lain, dan sebagainya.

Dampak positif lain dari keberagaman di Indonesia adalah sektor pariwisata. Keberagaman masyarakat Indonesia menjadikan Indonesia mempunyai beragam budaya dan daya tarik wisata. Keberagaman ini menjadi ciri khas masyarakat Indonesia yang membedakannya dengan negara lain.

Pdf) Kebersamaan Dalam Perbedaan: Studi Kasus Masyarakat Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Sangat sedikit wisatawan mancanegara yang tertarik berkunjung ke Indonesia tidak hanya untuk melihat keindahan alamnya saja, namun juga keanekaragaman budaya Indonesia yang sulit ditemukan di negara lain.

Dampak positif lain dari keberagaman di Indonesia adalah pertumbuhan ekonomi masyarakat Indonesia. Jika sektor pariwisata berkembang maka otomatis perekonomian masyarakat di kawasan wisata pun akan meningkat.

Oleh karena itu, secara tidak langsung keberagaman masyarakat ini juga turut membantu dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat

Keberagaman masyarakat Indonesia juga tidak luput dari dampak negatifnya. Dikutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas IX SMP/MTS terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, berikut dampak negatif keberagaman dalam masyarakat Indonesia.

Manfaat Keragaman Sosial Budaya, Identitas Negara Yang Tingkatkan Kesejahteraan

Keberagaman sosial yang dimiliki Indonesia seringkali menimbulkan konflik dalam masyarakat. Kemungkinan terjadinya konflik, perbedaan dan perpecahan dalam masyarakat pada umumnya dipengaruhi oleh berbagai faktor ras, agama, budaya dan keberagaman.

Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan dampak negatif. Oleh karena itu, sikap saling menghormati dan menghormati perbedaan sangat diperlukan untuk menghindari konflik dalam masyarakat.

Primordialisme adalah suatu pandangan yang melingkupi adat istiadat, kepercayaan, atau tradisi suatu masyarakat sejak kecil. Jika tidak dikelola dengan baik, sikap ini dapat menimbulkan konflik bahkan perpecahan.

Baca Juga  Tuliskan Urutan Gerakan Melompat Dalam Senam Lantai

Etnosentrisme adalah pandangan yang menganggap ras sendiri lebih unggul dibandingkan ras bangsa lain. Akibatnya etnosentrisme ini menimbulkan permasalahan antar suku atau budaya. Sebab seseorang dengan sikap etnosentris ini cenderung memandang rendah suku atau adat istiadat orang lain.

Solution: Latihan Us Ppkn Kelas 6

Dampak negatif lain dari keberagaman pada masyarakat Indonesia adalah munculnya fanatisme yang berlebihan. Sikap fanatik ini mengacu pada terlalu percaya pada keyakinan diri sendiri dan salah memahami keyakinan orang lain.

Seseorang dengan fanatisme ekstrim biasanya menganggap dirinya benar dan tidak segan-segan meremehkan atau menghina keyakinan orang lain.

Hal ini disebabkan oleh keberagaman dan pengaruh masyarakat Indonesia baik positif maupun negatif terhadap pola perilaku masyarakat Indonesia. Saya harap informasi ini bermanfaat.

Poster tentang keragaman suku bangsa indonesia, keragaman suku bangsa di indonesia, penyebab keragaman suku bangsa di indonesia, keragaman suku bangsa adalah, keragaman suku bangsa indonesia, keragaman suku bangsa dan budaya indonesia, keragaman suku dan budaya yang dimiliki bangsa indonesia merupakan sumber, keragaman suku dan budaya di indonesia merupakan bangsa indonesia, apa yang dimaksud keragaman suku bangsa, jelaskan keragaman suku bangsa yang ada di indonesia, keragaman suku bangsa, keragaman suku bangsa yang ada di indonesia