News

Apa Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Pada Masa Kemerdekaan

×

Apa Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Pada Masa Kemerdekaan

Share this article

Apa Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Pada Masa Kemerdekaan – Halodoc, Jakarta – Persatuan dan kesatuan menjadi hal penting yang harus dimiliki setiap negara, termasuk Indonesia. Tanpa persatuan dan kesatuan suatu negara akan mudah terombang-ambing.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) edisi keempat, kesatuan adalah gabungan (tautan, golongan, dan sebagainya) dari beberapa bagian yang mempunyai kesatuan, persatuan, kesatuan. Sedangkan pengertian kesatuan mempunyai arti satu hal, kesatuan, sifat tunggal, kesatuan.

Apa Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Pada Masa Kemerdekaan

Persatuan dan kesatuan bangsa merupakan senjata paling ampuh bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan cita-cita masyarakat sejahtera, adil dan makmur. Untuk mewujudkan hal tersebut, setiap warga negara harus memegang teguh prinsip persatuan dan kesatuan.

Contoh Perilaku Persatuan Dan Kesatuan Di Masyarakat & Manfaatnya

Selain itu, Indonesia merupakan negara yang mempunyai banyak keberagaman dan perbedaan, sehingga perlu adanya persatuan dan kesatuan. Keberagaman yang ada di Indonesia meliputi agama, suku, bahasa, budaya dan adat istiadat.

Dengan keberagaman tersebut tentunya penting untuk memiliki sikap persatuan dan kesatuan antar umat demi menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. Tanpa rasa persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia akan mudah terpecah belah.

Nilai atau asas persatuan dan kesatuan adalah “Bhinneka Tunggal Ika”, walaupun berbeda namun tetap satu. Semangat persatuan dan kesatuan dapat melahirkan semangat gotong royong yang dapat menyelesaikan permasalahan secara bersama-sama.

Video pemberitaan tersebut mengenang wawancara Alfred Riedl yang sempat membahas keunikan timnas Indonesia dibandingkan negara lain pada tahun 2016.

Tema 2.2.2 Siklus 2

Tak bisa dipungkiri, setiap orang pasti merasa nyaman tinggal di rumah yang bisa berkumpul bersama anggota keluarga. Menjalani hidup dengan tenang, damai dan nyaman merupakan manfaat dari persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga yaitu rumah.

Banyak sikap dan tindakan yang dapat kita lakukan untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan dalam lingkungan keluarga atau rumah. Berikut contoh sikap persatuan dan keunikan dalam lingkungan keluarga:

Penerapan nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bersama di lingkungan satuan pendidikan juga memberikan dampak positif. Seperti contoh berikut ini.

A. Kerjakan tugas bersama teman tanpa memandang suku, budaya, atau agama. Dampak positifnya, para peserta pelatihan residen akan bertukar pikiran, saling membantu memahami satu sama lain, sehingga memperoleh ilmu dan tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Baca Juga  Batas Laut Pulau Papua Dan Maluku

Apa Manfaat Kemerdekaan Bagi Masyarakat Pada Gambar Tersebut? Jelaskan!

B. Saling menghargai dan menghormati. Dampak dari sikap menghargai dan saling menghormati adalah terciptanya lingkungan belajar yang teratur, teratur dan menyenangkan.

C. Hormati pendapat teman Anda. Perbedaan pendapat selalu ada dalam kehidupan bersama. Sikap menghargai pendapat orang lain atau teman akan membawa dampak positif, yaitu terciptanya suasana rukun dan damai, tanpa perselisihan.

D. Bekerja sama untuk membersihkan area belajar bersama. Menjaga kebersihan tempat belajar melalui gotong royong akan menghasilkan ruangan belajar yang bersih, rapi dan nyaman.

E. Bersemangat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran. Siswa yang saling menyemangati dalam mengikuti pembelajaran akan memberikan dampak positif yaitu keberhasilan belajar.

Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Untuk Kesejahteraan Rakyat Nkri: Apa Saja?

Persatuan dapat menjadikan bangsa Indonesia kokoh agar tidak mudah diganggu. Beberapa contoh sikap persatuan yang dilakukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara adalah sebagai berikut:

Prabowo Ungkap Yenny Wahid Dukung Jokowi di Pilpres 2019: Kadang Berpisah, Akhirnya Bersama Lagi 13 jam lalu

Kualifikasi AFC U23 2024: Respon santai pelatih Turkmenistan U23 saat mengetahui Shin Tae-yong mengawasi langsung permainan timnya

Foto: Paling Banyak Gabung Bayer Leverkusen, Ini 5 Pemain yang Tinggalkan Liga Inggris untuk Main di Bundesliga 2023/2024

Manfaat Persatuan Dan Kesatuan Untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia (nkri)

Foto: Pecahkan Rekor Jumlah Penonton Terbanyak di Babak Grup Piala Dunia FIBA ​​2023, Ini Gambaran Kemeriahan di Tribune Indonesia Arena

Foto: Akhirnya Pensiun, Gianluigi Buffon Mampu Gagalkan 6 Kiper Hebat Berikut yang Berpeluang Menggantikannya di Timnas Italia

Foto: Menyaksikan Persiapan FC Kota Bekasi Jelang Liga 2 2023/2024, Bang Haji Ismed Masih GagahPolhukam, Jakarta – Salah satu modal penting untuk mewujudkan Indonesia yang damai, maju dan modern, serta anti radikalisme adalah adanya persatuan bangsa. . Tentunya masih ada yang mengatakan bahwa pemajuan persatuan dan kesatuan Indonesia sudah tidak diperlukan lagi karena seolah-olah hanya sekedar alasan untuk membatasi ruang gerak masyarakat sejak era Reformasi dan demokrasi.

“Menurut mereka, persatuan dan kesatuan bangsa akan terjaga dengan sendirinya. Oleh karena itu, kita tidak boleh lengah dan merasa Indonesia bersatu.

Baca Juga  Memupuk Sifat Jujur Dapat Dilakukan Dengan Hal

Apakah Kegiatan Tersebut Termasuk Usaha Mempertaha

Yang selalu utuh dan berkesinambungan tanpa adanya upaya-upaya pelatihan maka kita semua harus mempunyai persepsi yang sama bahwa persatuan dan kesatuan bangsa harus dibina,” kata Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa Kemenko Polhukam. Arief P Moekiyat, pada Forum Koordinasi dan Sinkronisasi ‘Dengan Semangat Bhineka Tunggal Ika’ Kita Cegah Radikalisme untuk Memperkuat Ideologi Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat dan Berbangsa’ di Jakarta, Kamis (14/11/2019).

Negara Kesatuan Republik Indonesia konon diperjuangkan dan dibangun oleh para founding fathers dan pejuang kemerdekaan karena menyadari bahwa masyarakat terdiri dari berbagai suku, agama, golongan, ras dan budaya dengan ideologi Pancasila sebagai dasar negara. ideologi negara dan kebangsaan, serta mempunyai semboyan Bhineka Tunggal Ika. Saya mengimbau seluruh elemen bangsa untuk terus menjalin persaudaraan dan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa untuk mencapai kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia, kata Arief.

Terkait penanganan radikalisme dan terorisme, Arief menegaskan Kemenko Polhukam bersama Polri, TNI, BIN dan BNPT, serta Kementerian/Lembaga terkait lainnya, mempunyai komitmen tinggi untuk melakukan berbagai upaya. untuk mencegah dan mengobatinya. Pemerintah tentu tidak bisa bekerja sendiri dan membutuhkan peran seluruh elemen bangsa dan masyarakat, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

Untuk itu Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan mengembangkan kegiatan hari ini dengan melibatkan berbagai elemen untuk mencari solusi terbaik dalam menghadapi radikalisme, kata Arief.

Makna Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dalam Pancasila

Radikalisme adalah gerakan yang ingin mengubah sistem sosial dan politik secara drastis dengan menggunakan cara-cara kekerasan/ekstrim. Radikalisme merupakan suatu tindakan/paham yang memiliki akar dan jaringan yang kompleks, sehingga tidak mungkin ditanggulangi hanya dengan pendekatan keras berupa kepolisian dan intelijen serta tindakan represif lainnya, namun juga harus ditangani dengan pendekatan nasional. pemahaman, kewaspadaan nasional, dan persatuan bangsa melalui pendekatan persuasif dengan instrumen ideologi Pancasila dan moderasi beragama.

“Forum ini sangat penting dan bermanfaat untuk terus memperkuat komitmen dan semangat diantara kita dalam mencegah dan memberantas radikalisme, juga merupakan inisiatif konstruktif untuk terus memanfaatkan

Baca Juga  Dalam Mengemukakan Pendapat Kita Memiliki Kebebasan Yang Harus Diimbangi Dengan

Gotong royong antar berbagai pihak, sebagai kontribusi terhadap upaya mewujudkan Indonesia yang damai dan anti radikalisme,” kata Arief.

Di tempat yang sama, Direktur Pencegahan BNPT Brigjen Pol Ir. Hamli mengatakan radikalisme ini bukan soal agama. Menurut penelitian Alvara, ada tiga kelompok masyarakat di Indonesia. Kelompok pertama (39,43%) merupakan kelompok yang berpendapat bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan Islam dan masyarakat tidak boleh memperhatikan aturan dan adat istiadat yang berlaku.

Hal Yang Meliputi Apa Sajakah Kedaulatan Nkri, Dilengkapi Dampak Positif Perjuangan Pahlawan Kemerdekaan

Kelompok kedua (42,47%) menyatakan Islam adalah agama yang cinta damai dan inklusif, serta mendukung peraturan syariah daerah yang berlaku di Indonesia. Sedangkan kelompok ketiga (18,10%) menyatakan kekerasan diperlukan untuk menjaga amar ma’aruf nahi mungkar, bahwa ketua orang dalam presiden harus dari kalangan umat Islam dan cenderung menganut konsep khilafah.

“Sesuai catatan yang kami miliki, pelaku teroris ada sekitar 2.000 orang, sekitar 500 orang berada di penjara dan sisanya masih di luar. Belum termasuk sekitar 1.500 orang yang masuk ke ISIS, semuanya adalah orang-orang yang siap,” ujarnya. .

Oleh karena itu, kata Hamli, harus ada perlawanan dalam bentuk kontra narasi. Sehingga yang sudah terindoktrinasi bisa dibawa kembali. “Ada tiga cara untuk melakukannya, yaitu

Sementara itu, Direktur Jenderal Polri Praba Eka Soesanta mengatakan Indonesia tidak akan ada jika tidak ada perbedaan. Menurutnya, tidak boleh ada kelompok mayoritas atau minoritas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri ini.

Nilai Sumpah Pemuda Dalam Kehidupan Sehari Hari

. Menurutnya, permasalahan radikal ini menjadi sulit diredam jika dihadirkan ke publik. Oleh karena itu, kami bertekad untuk membalikkannya, yakni melahirkan radikalisme cinta Pancasila, bagaimana hidup dengan Pancasila, ”ujarnya.

Situs ini menggunakan cookie untuk memberikan pengalaman penelusuran terbaik. Dengan mengakses situs ini, Anda telah menerima penggunaan cookie kami.OKKebijakan Privasi

Persatuan dan kesatuan bangsa, semangat persatuan dan kesatuan, sikap persatuan dan kesatuan, manfaat persatuan dan kesatuan, makna persatuan dan kesatuan, persatuan dan kesatuan, gambar persatuan dan kesatuan, pengertian persatuan dan kesatuan, lambang persatuan dan kesatuan, makalah persatuan dan kesatuan, puisi persatuan dan kesatuan, poster persatuan dan kesatuan