News

Apa Manfaat Dari Keragaman Karakteristik Disekolah Bagi Dirimu

×

Apa Manfaat Dari Keragaman Karakteristik Disekolah Bagi Dirimu

Share this article

Apa Manfaat Dari Keragaman Karakteristik Disekolah Bagi Dirimu – Suka buku ini? Anda dapat menerbitkan buku Anda online secara gratis dalam hitungan menit! Buat buku flip Anda sendiri

AKU AKU AKU. bagian Unit Pembelajaran II 85 5) Guru memberi salam kepada siswa dan mengingatkan siswa untuk menyapa orang tuanya. di dalam. Kegiatan pembelajaran lainnya Pada proyek pembelajaran kedua, penekanannya adalah pada penyampaian pendapat dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung dengan mendiskusikan keuntungan mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Siswa akan bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan berdiskusi tentang manfaat mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Segala hasil karya siswa diharapkan dapat menumbuhkan sikap-sikap positif seperti ketaatan, kemandirian, kepedulian, kerjasama dan saling menghormati satu sama lain serta kemampuan menaati peraturan di sekolah dan di rumah. Guru dapat mengembangkan jenis kegiatan pendidikan lainnya dengan bantuan metode dan alat inovatif lainnya. Pilihan pembelajaran yang dapat dilaksanakan guru antara lain: 1) Pilihan pembelajaran 1, anak dapat berperan sebagai anak yang taat pada aturan, dapat mengemukakan pendapat dan mendengarkan baik-baik pendapat orang lain. 2) Pada saat siswa sedang mempelajari pilihan 2, siswa dapat melakukan penyampaian pensil pada lagu Bangun. Lagu akan dihentikan secara sewenang-wenang dan siswa secara bergiliran mengingat contoh peraturan yang harus diikuti dan posisi yang harus diambil dalam diskusi. Gambar 2.3 Permainan peran Gambar 2.4 Permainan “Pesan Pensil”.

Apa Manfaat Dari Keragaman Karakteristik Disekolah Bagi Dirimu

86 Buku Pedoman Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan untuk Sekolah Dasar Kelas I 4. Refleksi Guru Berdasarkan bagian pembelajaran kedua, guru dapat melakukan refleksi terhadap hasil proyek pembelajaran yang telah diselesaikan. Perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian kriteria pembelajaran dapat dipertimbangkan. Kegiatan refleksi dapat digambarkan dengan beberapa pertanyaan pada tabel 2.7 berikut ini: Tabel 2.7 Karya Pendidikan dalam pikiran II no. Indikator Refleksi Kegiatan Pembelajaran Kunci 1 2 3 4 1. Perencanaan 1. Ketepatan mengembangkan sikap berdasarkan hasil belajar 2. Keterampilan merancang media (mudah dibaca/menarik/efektif/berhasil) 3. Kesesuaian media yang dimaksudkan dengan hasil belajar 2. Eksekusi 4 Keterampilan melibatkan siswa dengan media 5. Keterampilan mengajukan pertanyaan pertama di sekolah dasar 6. Keterampilan menggunakan media dan menghubungkannya dengan kriteria pembelajaran 7. Keterampilan menyampaikan isi dan nilai (penjelasan/narasi/narasi/nyanyian dll) 8. Keterampilan respon, umpan balik dan konfirmasi nilai 3. Penilaian pembelajaran 9. Ketepatan definisi alat penilaian 10. Kesesuaian pembuatan indikator penilaian dengan standar pembelajaran 11. Kemampuan indikator dan alat penilaian berdasarkan perkembangan kognitif, psikologis dan moral Nilai Nilai Total Catatan = Nilai 1: Kurang, Nilai 2: Memuaskan, Nilai 3: Baik, Nilai 4: Mendapat nilai sangat baik. Evaluasi: Oleh karena itu, guru hendaknya dapat mengungkapkan dengan jujur ​​apa saja kendala yang dihadapinya dalam mengajar.

Baca Juga  Bagaimana Olahraga Membantu Membuang Zat-zat Berbahaya Dalam Tubuh

Manfaat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Di Sekolah

Bagian III Pembelajaran Bagian II 87 5. Asesmen/Penilaian Asesmen dilaksanakan secara terpadu, sistematis dan menyeluruh, yang meliputi aspek sikap mental, sikap sosial, pengetahuan dan keterampilan yang disesuaikan dengan kompetensi kewarganegaraan (civic knowledge, civic sikap). dan kewarganegaraan) serta dilengkapi dengan indikator Profil Mahasiswa Profil Pancasila. Pada proyek pembelajaran kedua ini, metode evaluasi diterapkan pada saat proses pembelajaran dan pada akhir proses pembelajaran. Penilaian dilakukan melalui observasi melalui catatan sikap atau lembar observasi, baik tertulis maupun lisan untuk pengetahuan, unjuk kerja dan unjuk kerja untuk keterampilan, serta tugas dan portofolio. Di bawah ini adalah lembar penilaian kegiatan pembelajaran II. Bentuk tabel penilaian sikap spiritual dan sikap sosial yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan I. Tabel 2.8 Tabel penilaian pengetahuan teoritis II (tentang kompetensi pengetahuan kewarganegaraan dan parameter profil berpikir kritis) Nama : …. . ……. …. …………………………….. Kelas: . ………………………………………… .. …….. Kegiatan pendidikan: mendiskusikan manfaat menaati peraturan sekolah dan di rumah untuk No indikator penilaian Kategori Komentar untuk menggambarkan perkembangan nilai-nilai tersebut Kelas 1 2 3 4 1 Siswa mengingat metode diskusi yang baik (P/ CK(C5 )/EBK) 2 Siswa mengutarakan gagasannya dengan baik, contoh cara mendiskusikan nilai keseluruhan Catatan = Nilai 1 : Buruk, Nilai 2 : Memuaskan, Nilai 3 : Baik, Nilai 4 : Sangat Baik Nilai yang diperoleh Nilai :

88 Panduan Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD Kelas I Tabel 2.9 Grafik Penilaian Keterampilan Belajar II (Mengenai Parameter Kompetensi Kewarganegaraan dan Format Gotong Royong) Nama : ………….. .. …. ………………………….. Kelas: ……….. … . …. …………………… Kegiatan pendidikan: diskusi tentang manfaat mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah Kelas Penilaian Kemampuan mengemukakan pendapat Kemampuan mendengarkan pendapat Ketelitian Mengadakan satuan untuk sampai pada hasil diskusi Kemampuan menerima hasil diskusi Skala 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 Keterangan Keterangan = Skor 1: Buruk, Skor 2: Memuaskan, 3 poin: Baik poin 4: Diterima dengan sangat baik Skor: X 100 skor maksimum

Bagian III Unit Pembelajaran II 89 6. Lembar Kerja Siswa (LKPD) Nama : Kelas : Petunjuk Arah! 1. Siswa memperhatikan gambar. 2. Siswa menentukan gambar mana yang memenuhi kaidah diskusi yang baik. 3. Siswa memberi tanda checklist (√) pada gambar yang sesuai dengan kaidah diskusi yang baik. 1. Saling menyapa 2. Mendengarkan saran orang lain Baik Buruk Baik Buruk 3. Mengintervensi pembicaraan orang lain 4. Marah dalam diskusi Baik Buruk Buruk Baik Nilai-nilai awal orang tua

Baca Juga  Pendaratan Saat Melakukan Berjalan Diatas Balok Menggunakan

90 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Buku Pedoman Guru Sekolah Dasar Kelas I 7. Proyek Penyuluhan Pembelajaran II Pada proyek pembelajaran kedua, penekanannya adalah pada mengemukakan pendapat dengan mendiskusikan manfaat mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Siswa akan bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan berdiskusi tentang manfaat mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Segala hasil karya siswa diharapkan dapat menumbuhkan sikap-sikap positif seperti ketaatan, kemandirian, kepedulian, kerjasama dan saling menghormati satu sama lain serta kemampuan menaati peraturan di sekolah dan di rumah. Kegiatan pengayaan yang dilakukan pada unit ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemahaman tentang kriteria pembelajaran akan diperkuat. Matriks fungsi pengayaan pada proyek studi II dapat dilihat pada tabel 2.10 di bawah ini. Tabel 2.10 Matriks pengayaan tugas pembelajaran II Aktivitas pada tugas pembelajaran II Tugas tambahan Siswa mengutarakan pendapatnya dengan mendiskusikan keuntungan mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Siswa akan bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan berdiskusi tentang manfaat mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Siswa dapat memimpin diskusi dengan mengemukakan pendapat dan mendengarkan pendapat secara cermat ketika menyelesaikan masalah standar di sekolah dan di rumah. Meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan Meningkatkan sikap, pengetahuan dan keterampilan Dalam semua proyek kemahasiswaan diharapkan dapat mengembangkan sikap peduli, kerjasama dan saling menghargai.Keterampilan dalam berinteraksi, bekerjasama dan memahami konsep.

Pemahaman Konsep Tasamuh (toleransi) Siswa Dalam Ajaran Islam By J Pai

Bagian III Unit Studi II 91 E. Metode Proyek Studi III 1. Deskripsi Proyek Studi Pada proyek studi ketiga, penekanannya adalah pada pemahaman dan pengalaman langsung tentang apa yang menjadi kewajiban dan apa yang kemudian diakui sebagai hak. kewajiban kinerja. Siswa akan bernyanyi, mengamati, mendengarkan, bermain dan melaksanakan tugasnya mengikuti peraturan di sekolah dan di rumah. Segala hasil karya siswa diharapkan dapat menumbuhkan sikap-sikap positif seperti ketaatan, kemandirian, kepedulian, kerjasama dan saling menghormati satu sama lain serta kemampuan menaati peraturan di sekolah dan di rumah. Beberapa pengembangan dan penggunaan media yang dapat digunakan pada kegiatan pembelajaran III adalah video edukasi, board games. 2. Bahan kajian dasar Gambaran umum bahan kajian dasar Bagian III yang dapat diberikan meliputi: a. Contoh hak dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah. B. Implementasi hak dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah. di dalam. Kamus hak dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah. 3. Tingkat pendidikan kerja a. Persiapan mengajar Dalam pembelajaran proyek III, guru harus mempersiapkan beberapa hal, antara lain: 1) Guru menyiapkan dokumen hak dan tanggung jawab dalam bentuk film yang memperlihatkan hak dan tanggung jawab siswa (anak) di sekolah dan di sekolah. rumah. . 2) Siswa secara langsung mengamalkan tugas membersihkan kelas secara bersama-sama untuk memperoleh hak atas ruang kelas yang bersih dan rapi. Di sekolah, siswa wajib mengikuti norma atau adat istiadat yang berlaku di sekolah tersebut, dan setelah itu siswa mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi, mendapatkan pendidikan sebagai hak yang dapat diterimanya. Demikian pula dengan memenuhi kewajiban menaati peraturan orang tua sebagai suatu kebiasaan umum (norma di rumah), maka anak dapat merasakan segala kebaikan yang ada di rumah orang tuanya, otomatis kebaikan yang diterima ini disebut dengan hak untuk hidup. . anak dari orang tua di rumah 3) Guru menyiapkan skenario bermain peran tentang pelaksanaan hak dan tanggung jawab di rumah dan di sekolah.

Baca Juga  Jelaskan Apa Yang Kamu Ketahui Dari Judul Lagu Apuse

92 Pancasila dan pendidikan kewarganegaraan. Panduan Guru SD Kelas 4) Guru dapat mengembangkan kegiatan inovatif, permainan, board game atau media lain yang mendorong siswa untuk belajar (contoh inovasi ada pada Alternatif Pembelajaran). B. Kegiatan Pembelajaran di Kelas Langkah-langkah yang harus diikuti ketika belajar bersama siswa di kelas. Kegiatan perkenalan 1) Jika pembelajaran ini dimulai dari kelas satu, maka latihan perkenalan ini diawali dengan menyapa guru, membacakan doa atau meminta salah satu siswa memanjatkan doa menurut agama dan kepercayaannya (iman, taqwa kepada Tuhan)

Apa manfaat kopi bagi tubuh, apa manfaat teh bagi tubuh, apa makna kebangkitan yesus bagi dirimu, apa arti kebangkitan yesus bagi dirimu sendiri, apa manfaat omega 3 bagi tubuh, apa manfaat kunyit bagi kesehatan, apa manfaat olahraga bagi tubuh, apa manfaat madu bagi tubuh, apa manfaat dari keragaman tersebut, siapakah yesus bagi dirimu, apa manfaat kolagen bagi tubuh, apa manfaat keragaman budaya bagi suatu bangsa