Madiun

Antisipasi Tiga Kerawanan Jelang Nataru Mulai Disiapkan

FOKUS AMANKAN OBVIT DI KOTA TRANSIT

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Sejumlah ruas jalan mulai dipetakan menyongsong perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Beberapa jalur itu menjadi atensi karena rawan terjadi kemacetan.

Kabag Ops Polres Madiun Kota Kompol Gatot Sudiyoto menyebut, untuk mengurai kemacetan di beberapa ruas jalan, pihaknya menerapkan beberapa langkah. Misalnya, di Jalan Basuki Rahmat bakal dipasang barrier sebelum pintu perlintasan KA dari sisi Jalan S. Parman. Sebagai pengalih arus kendaraan dari Jalan Sri Rejeki dengan Jalan Ploso. ‘’Nanti ada petugas yang bersiaga jika terjadi kepadatan,’’ ujar Gatot.

Tindakan serupa juga diberlakukan di Jalan Trunojoyo depan Pasar Sleko, Jalan Pahlawan, dan Jalan Panglima Sudirman. ‘’Kami juga sediakan sejumlah pos pengamanan dan pelayanan di beberapa tempat,’’ ujar mantan kapolsek Plandaan itu.

Pos pengamanan bakal ditempatkan di Jalan Pahlawan, Stasiun Madiun, dan Terminal Purboyo. Pos pelayanan diterapkan di Madiun Square dan Sun City Festival. Masyarakat juga diminta mewaspadai sejumlah titik rawan kecelakaan. ‘’Kami juga petakan 10 titik rawan pelanggaran lalu lintas,’’ tuturnya.

Nantinya ada 420 personel gabungan yang dikerahkan. Fokus utamanya mengamankan objek vital (obvit) seperti gereja dan lokasi perayaan pergantian tahun 2020. ‘’Kota Madiun daerah transit. Masyarakat dari berbagai daerah bakal masuk ke dalam kota,’’ terangnya.

Wakapolres Madiun Kota Kompol Ali Rahmat mengatakan, pergantian tahun lalu tidak sampai terjadi kemacetan, hanya kepadatan lalu lintas. Jika pun terjadi kemacetan, tetaplah diantisipasi. ‘’Malam tahun baru nanti diberlakukan car free night di Jalan Pahlawan. Perlu diberlakukan contraflow. Jalannya diubah menjadi dua jalur,’’ paparnya. (her/c1/fin)

Pecah Keramaian di Tiga Titik

SEPAKAT PECAH KERAMAIAN: Kasdim 0803 Mayor Arm Mulyadi, Wawali Inda Raya, dan Wakapolres Madiun Kota Kompol Ali Rahmat saat rakor persiapan Nataru.

MALAM pergantian tahun di Kota Madiun nanti dipastikan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ingar bingar hiburan sudah disiapkan untuk memeriahkan penyambutan 2020.

Sejumlah agenda perayaan sudah disiapkan dan bakal dipusatkan di tiga tempat berbeda. Yakni, Balai Kota, alun-alun Kota Madiun, dan Sunday Market. Kendati masih menyisakan sekitar tiga pekan, persiapan acara sudah direncanakan jauh-jauh hari. Begitu juga dengan pola pengamanan di tiga lokasi tersebut.

Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri mengatakan, pusat perayaan tahun baru memang sengaja disebar. Tujuannya untuk memecah kepadatan kendaraan di satu titik tertentu. ‘’Pokoknya yang jelas tiga tempat itu akan ada acara sendiri-sendiri. Fungsinya untuk memecah keramaian supaya tidak menumpuk di alun-alun seperti tahun-tahun sebelumnya,’’ katanya.

Dia berharap pengamanan saat malam pergantian tahun bisa lebih maksimal. Pemkot memastikan kebutuhan personel yang bertugas di lapangan tercukupi. ‘’Baik penyediaan pos pengamanan, juga makanan dan minuman. Karena ini merupakan hajat pemkot,’’ ujar politisi PDIP tersebut. (her/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close