Madiun

Antisipasi Kebakaran di Tangerang Terulang, Kakanwil Kemenkumham Jatim Cek Lapas Madiun

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kebakaran hebat yang melanda Lapas Tangerang membuat Kanwil Kemenkumham Jatim melakukan langkah antisipatif. Misalnya dengan melakukan pengecekan kondisi bangunan dan tahanan di Lapas Kelas I Madiun, Rabu (8/9). Sidak itu dilakukan langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Jatim Krismono. Selain di Lapas Madiun, Krismono juga sempat menyambangi Lapas Pemuda.

Pengecekan menyasar instalasi listrik dan APAR. Dia memastikan dua komponen tersebut aman. Meski demikian, Krismono mewanti-wanti para sipir untuk selalu waspada. Karena bangunan lapas merupakan peninggalan Belanda. ‘’Kondisinya harus lebih dipastikan. Karena secara umur sudah tua. Jadi, ini bentuk kesiapsiagaan kami kalau terjadi kebakaran di dalam lapas atau rutan,’’ katanya.

Soal ketersediaan APAR, dia berharap sipir lebih rutin melakukan pengecekan. Selain itu, ada langkah mitigasi penyelamatan para napi apabila seandainya ada musibah kebakaran. ‘’Penanganan kebakaran di dalam lapas harus cepat serta mesti didukung peralatan yang memadai,’’ tutur Krismono. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button