Pacitan

Antisipasi Banyak Pemudik saat Lebaran Nanti, Gedung Sekolah Disiapkan untuk Isolasi ODP

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Jetak, Tulakan, Pacitan, disulap pemerintah desa (pemdes) setempat sebagai lokasi isolasi orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19.  Meskipun hingga kini belum ada warga setempat yang menunjukkan gejala mengarah korona. ‘’Ini lokasi karantina untuk memfasilitasi jika ada ODP. Tapi, semoga tidak ada,’’ kata Kepala Desa Jetak Marjuni Selasa (21/4).

Upaya ini juga sebagai antisipasi ledakan pemudik Lebaran nanti. Gedung sekolah dipilih lantaran memiliki banyak ruang. Pun sudah dimusyawarahkan dengan berbagai pihak dan telah disetujui. Juga dekat fasilitas kesehatan dan kantor desa. Sehingga, memudahkan pemantauan. ‘’Relawan, tenaga medis, pemdes, bhabinkamtibmas, juga sudah siap jika ada ODP,’’ jelasnya.

Terkait kebutuhan sehari-hari warga yang bakal dikarantina di gedung sekolah tersebut, akan dipenuhi keluarga masing-masing. Pihaknya juga memberi edukasi kepada keluarga perantau, agar melapor ketika anggota keluarganya pulang kampung. ‘’Tidak usah takut lapor, semua demi keselamatan bersama,’’ pintanya.

Marjuni menyebut, sekitar 100 orang warganya mudik dari luar kota. Mayoritas luar pulau, seperti Kalimantan dan Sumatera. Mereka mengisolasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari. Itu  dilakukan sesuai anjuran pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus korona.

Marjuni mengimbau warganya untuk sementara waktu di rumah saja. Jika terpaksa keluar rumah karena keperluan mendesak, maka harus menggunakan masker dan selalu jaga jarak fisik. ‘’Semoga wabah ini segera selesai. Harapanya semua saling memahami dan saling mendukung,’’ ucapnya. (mg2/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close