MadiunPendidikan

Animo SMK Kalahkan SMA

Calon Peserta Didik di Wilayah Jiwan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020/2021 paling mengecewakan bagi SMAN 1 Jiwan dalam delapan tahun terakhir. Dari total pagu 140, hanya mampu menjaring 55 calon siswa. Jumlah itu anjlok dari capaian tahun lalu yang sanggup menggaet 132 pendaftar dengan pagu sama. ‘’Ini yang terparah. Penurunan siswa mulai terasa sejak tahun pelajaran 2013/2014,’’ kata Wakil Kepala Kesiswaan SMAN 1 Jiwan Tohir Suwanto Rabu (1/7).

Tohir menguraikan sejumlah faktor yang membuat sekolahnya kekurangan siswa. Salah satunya, bervariasinya pilihan melanjutkan pendidikan. Belakangan, animo calon peserta didik di wilayah Jiwan banyak mendaftar di sekolah kejuruan. ‘’Sekolah kami diapit dua SMK negeri di satu kecamatan,’’ ujarnya.

Faktor lainnya adalah PPDB sistem zonasi. Sebelum kebijakan penerimaan calon siswa sesuai jarak tempat tinggal itu diberlakukan, banyak anak dari Kecamatan Barat dan Maospati, Magetan, yang mendaftar. Juga jalur prestasi yang membuat anak dari Kabupaten Madiun bisa daftar ke daerah lain. ‘’Selain itu, jumlah lulusan SMP sederajat memang menurun,’’ imbuhnya.

Tohir menaksir hanya bisa membentuk dua rombongan belajar (rombel) dari 55 pendaftar. Setiap rombel tidak sampai diisi 35 siswa sebagai batasan maksimal. Kondisi itu diprediksi memperburuk kegiatan pembelajaran. Salah satunya, tidak terpenuhinya jam mengajar guru. ‘’Ujungnya berpengaruh terhadap upaya mendapatkan sertifikasi alias tunjangan,’’ katanya.

Dia menyebut, jumlah rombel tahun ajaran depan menjadi 11. Penambahan dari kelas XI dan XII. Sementara, 26 guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) dan empat guru tidak tetap (GTT). ‘’Untuk mendapatkan tunjangan, seorang guru harus mengajar 24 jam pelajaran,’’ pungkasnya. (den/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close