Pacitan

Angka Kemiskinan di Pacitan Dua Terburuk Se-Bakorwil Madiun

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Angka kemiskinan di Pacitan mengkhawatirkan. Di antara 10 kota/kabupaten di bawah naungan Bakorwil Madiun, Pacitan masuk urutan dua terburuk. Persentasenya 14,5 persen, hanya setingkat lebih baik dari Ngawi 15,44 persen. Catatan 2020 lalu itu menunjukkan bahwa 80 ribu warga masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Kepala Bakorwil I Madiun Karyadi meminta Pacitan fokus mengentaskan kemiskinan. Memasukkan agenda kebangkitan ekonomi di masa pandemi dalam rancangan pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). ‘’Kemiskinan di Pacitan cukup tinggi. IPM (indeks pembangunan manusia)-nya juga rendah. Aspek ini harus jadi prioritas kepala daerah,’’ tegas Karyadi, Jumat (10/9).

Sekda Pacitan Heru Wiwoho tak menampik peningkatan kemiskinan di daerahnya. Persentasenya melambung dari catatan 2019 yang hanya 13,6 persen. Kondisi itu tak lepas dari pandemi yang masih berlangsung sampai kini. ‘’Kami siapkan beberapa program. Selain bantuan, kami juga berikan opsi pendapatan lain. Seperti modal usaha atau kesempatan kerja,’’ jelas Sekda. (gen/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button