NgawiPeristiwa

Angin Kencang Terjang Kompleks MTsN 5 Ngawi

Pohon Tumbang Timpa Atap Kelas

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Malang benar nasib MTsN 5 Ngawi. Dalam sebulan terakhir, sedikitnya dua kali madrasah itu diterjang hujan deras disertai angin kencang. Peristiwa teranyar Senin petang (16/12). Lima pohon tumbang. Salah satunya menimpa atap sebuah ruang kelas.

Dapur yang lokasinya di salah satu sudut kompleks madrasah tak luput dari terjangan angin. Atapnya terangkat hingga kondisinya compang-camping pasca kejadian. Sejumlah peranti outbound juga rusak akibat peristiwa tersebut. ‘’Kejadian pertama 24 November lalu. Waktu itu hanya atap serambi masjid yang terdampak, selebihnya aman,’’ kata wakasek bidang humas Lukman Hakim Selasa (17/12).

Lukman menjelaskan, angin pada Senin petang benar-benar dahsyat. Hanya dalam hitungan menit, beberapa pohon tumbang. ‘’Kejadiannya cuma sekitar 30 menit. Anginnya memang sangat kencang,’’ ujarnya.

Beruntung kejadian itu tidak sampai menelan korban jiwa. Namun, kerugian ditaksir lebih dari Rp 20 juta. ‘’Itu baru kerusakan yang dapat dilihat seperti sarana outbound,’’ imbuh Lukman sembari menyebut akan melakukan pemangkasan dahan pohon yang dirasa membahayakan.

Untuk meminimalkan dampak yang ditimbulkan, pihaknya akan menggelar pelatihan mitigasi bencana. ‘’Mengingat potensi angin kencang masih cukup besar dan sudah dua kali menimpa sekolah kami,’’ tuturnya.

Pantauan Radar Ngawi kemarin, siswa beserta guru sibuk membersihkan halaman dan ruang kelas yang dipenuhi dedaunan sisa pohon tumbang. ‘’Untungnya minggu ini tinggal remedial. Minggu lalu sudah ulangan, jadi tidak terlalu berpengaruh (pada proses pembelajaran),’’ pungkas Lukman. (mg1/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button