Ponorogo

Anggota DPR RI Sri Wahyuni Dorong Pengembangan BUMDes

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pengembangan kreativitas ide-ide usaha BUMDes mendorong Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni turun tangan. Istri mantan Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni itu memberikan motivasi dan pelatihan kepada 40 BUMDes di Bumi Reyog belum lama ini.

Dari kegiatan tersebut, Yuni berharap BUMDes di masing-masing desa dapat dikelola secara profesional dan mandiri. Sehingga, bisa meningkatkan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat. ‘’BUMDes ini termasuk lembaga perekonomian yang berguna untuk meningkatkan kas desa. Nah, harapannya ke depan bisa dikelola secara profesional,’’ harap politisi Nasdem itu, Jumat (1/10).

Adapun hasil pelatihan yang diperoleh nantinya dapat diimplementasikan oleh pemdes di masing-masing wilayahnya. Bentuknya bisa berupa pengelolaan produk unggulan dan pembangunan potensi wisata alam. ‘’Contohnya, saat ini di Desa Gondowido, Kecamatan Ngebel dibangun objek wisata yang progresnya telah mencapai 75 persen,’’ ungkap Yuni.

Yuni menyatakan setiap potensi desa harus dioptimalkan. Tujuannya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pihaknya pun meminta pengajuan proposal dari perwakilan desa untuk menyampaikan aspirasi ataupun permohonan. ‘’Monggo yang desanya ada potensi wisata, mau dikelola kementerian, ajukan proposal ke saya. Supaya nanti biar kementerian yang membangun,’’ ujarnya.

Pihaknya pun sebagai anggota DPR RI meminta Kemendes untuk memberikan pendampingan. Utamanya terkait penyertaan modal untuk BUMDes. ‘’Selain desa wisata, warga butuh bantuan modal. Yang paling diharapkan simpan pinjam bisa membuat usaha. Usaha dari produk mereka. Biar mereka bisa berkembang,’’ jelas Yuni.

Dalam kesempatan itu, peserta pelatihan asal Desa Selur bernama Agus berharap ada pembenahan desa wisata dan akses jalan dari pemerintah. ‘’Watu Semaur sangat berpotensi menjadi bagian dari desa wisata. Tapi, karena akses jalannya rusak, wisatawan enggan berkunjung. Saya berharap ada tindak lanjutnya dari kementerian,’’ harapnya. (her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button