Madiun

Anggaran Terbatas, Ruas Solo-Kertosono Panas

JNK Kejar Peneduhan hingga Beberapa Tahun ke Depan

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Sengat panas tak bisa dihindari saat melintasi jalan bebas hambatan. Bahkan, peneduhan di beberapa rest area masih terasa kurang.

Begitu pula di ruas tol Solo-Kertosono (Soker). Tidak ada pepohonan yang meneduhkan jalan bebas hambatan sepanjang 80 kilometer tersebut. Upaya penghijauan yang telah dilakukan kuantitasnya masih terbatas. ‘’Kami upayakan membuat jalan tol teduh,’’ kata Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Dwi Winarsa Kamis (12/12).

JNK mendapat mandat dari direksi Jasamarga untuk menggalakkan penghijauan. Selama ini jalan bebas hambatan yang diresmikan Maret 2018 itu terlihat gersang. Sebab, lokasi bangunan tol yang melewati enam kecamatan itu membelah area persawahan. Pimpinannya memasang target menanam 10 ribu pohon dalam kurun beberapa tahun ke depan. ‘’Kebijakan direksi let’s go green,’’ ujarnya.

Penghijauan jalan tol mulai dilakukan tahun ini. Namun, jumlah pepohonan yang ditanam belumlah banyak. Baru 100 bibit pohon trembesi. Lokasi penanaman di tepi interchange Kilometer (Km) 602 masuk Desa Bagi, Madiun. ‘’Karena keterbatasan anggaran,’’ tuturnya.

JNK mengklaim penanaman kali ini baru langkah awal. Sebab, wilayah yang harus di-cover sangat panjang. Ke depannya akan membuat program penanaman pohon dengan jumlah lebih banyak. Upaya itu diharapkan tidak dijalankan oleh lembaganya sendiri, melainkan menggandeng pihak lain. Sejumlah mitra kerja dimintai tolong untuk memberikan kontribusinya dalam memperindah jalan bebas hambatan. ‘’Masih banyak ruas yang belum ada pepohonannya,’’ kata Dwi.

Salah satu perusahaan rokok telah membantu penanaman seribu pohon. Lokasinya di area perbatasan Nganjuk. Meski jumlahnya lumayan banyak, tapi masih belum sepenuhnya rapat. Untuk saat ini, pihaknya berfokus memperbanyak tanaman di sekitar interchange dan pintu gerbang tol Madiun. Setelah penuh, dilanjutkan ruas lain. ‘’Interchange dan gerbang masuk cukup gersang,’’ ungkapnya. (cor/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close