Magetan

Anggaran Menipis, Proyek IPAL Kampung Susu Lawu Batal

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Rencana pembangunan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) di Kampung Susu Lawu (KSL) masih jauh panggang dari api. Kekuatan fiskal daerah tahun ini belum mampu mengakomodasi rencana tersebut lantaran kebutuhan biayanya cukup besar. ‘’Minimal anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp 3,4 miliar,’’ kata Kabid Usaha Tani Dinas Peternakan dan Perikanan (DPP) Nur Haryani, Jumat (11/6).

DPP telah mengajukan rencana pembangunan IPAL KSL ke badan perencanaan pembangunan daerah, penelitian, dan pengembangan (bappeda litbang). DPP juga berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup (DLH) dalam menggodok rencana tersebut. ‘’Dari hasil pembahasan bersama, dapat disimpulkan bahwa KSL memang membutuhkan sistem IPAL,’’ terang Nur.

Pembangunan IPAL digadang dapat menuntaskan persoalan limbah yang mengganggu dari sentra peternakan sapi perah di lingkungan Singolangu, Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan, itu. IPAL diklaim mampu mengakomodasi limbah dari 60 peternak setempat. ‘’Sehingga, realisasinya paling cepat kemungkinan di tahun depan,’’ tuturnya. (fat/naz/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button