Ponorogo

Aneka Permainan Edukatif di Alun-Alun Ponorogo Asah Motorik Anak

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Senja di alun-alun Ponorogo mulai ramai riuh tawa anak-anak. Ditemani orang tuanya, mereka asyik menjajal beragam permainan. Mobil-mobilan, memancing, memanah, mewarnai, dan bermain pasir.

Sebelum pandemi, di sudut alun-alun ada yang menjajakan permainan tradisional. Juga, celengan dari tanah liat. Namun, kini semakin sepi. ‘’Penjual kapal otok-otok itu sudah lama pindah ke Jombang,’’ kata Nugroho, penyedia mainan panahan dan penjual es krim, Sabtu (4/9).

Nugroho sendiri sudah tiga kali mengganti jasa permainan. Mulai angkut pasir, memancing, sampai mobil mini. Jenis mainan terakhir disediakannya sejak dua bulan terakhir. Cara memainkannya digerakkan dengan setir seperti biasa. Namun, di bawah mobil ada magnet untuk menggerakkan dan mengatur agar tidak bertabrakan. ‘’Konsep arenanya memang seperti bermain mobil beneran,’’ terang warga Kelurahan Surodikraman, Ponorogo, itu.

Sejak duduk di bangku sekolah, Nugroho sudah mengais rezeki di alun-alun. Kini, banyak hal berbeda yang dirasakannya. Pun, pendapatannya selama pandemi ini banyak terkoreksi. Sebab, ada aturan jam malam yang mengharuskannya tutup lebih awal. ‘’Sekarang bukanya maksimal sampai jam delapan,’’ ujarnya. (mg7/c1/fin/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button