features

Andri Rahayu Kreatif Ciptakan Paoku

Anak-anak tak bisa dicekoki pembelajaran tanpa diselipi permainan yang menarik. Karena itu, Andri Rahayu menciptakan paoku. Semacam matras interaktif dengan warna menarik yang merangsang kreativitas anak untuk bermain sekaligus belajar.

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

GAGASAN menciptakan paoku tercetus saat Andri ingin membuatkan permainan yang edukatif bagi buah hatinya. Tak disangka, media pembelajaran berbahan dasar kain flanel itu cukup memantik minat masyarakat. ‘’Paoku saya buat pertengahan pandemi Oktober tahun lalu,’’ ujarnya.

Selama satu bulan Andri sempat mendapat pelatihan inkubasi bisnis. Dari pelatihan yang digagas Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (Disnaker-UMKM) Kota Madiun itu dirinya belajar cara membuat logo hingga memasarkan produk. Andri yang sedari awal terampil membuat kerajinan tangan itu tak kesulitan merealisasikan gagasan. ‘’Ada banyak tema, tergantung pesanan. Kebun, hutan, camping, dan lain sebagainya,’’ kata perajin 30 tahun itu.

Istri Teguh Priyo Utomo itu telaten meladeni pelanggan. Setiap menerima pesanan, dia lekas menggambarkan tema yang diinginkan di atas kertas. Setelah itu baru dieksekusi pada kain flanel. Mainan yang diperuntukkan anak usia tiga tahun itu laris manis dipasarkan secara online. Pesanan tak hanya dari dalam kota. Namun, sudah merambah Surabaya, Malang, Kalimantan, hingga Merauke, Papua. ‘’Pandemi ini justru membuat saya lebih kreatif,’’ tutur warga Jalan Ciliwung itu. * (fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button