Pacitan

Ancaman Ombak Tinggi, Pantai Tetap Diminati

Ratusan Wisatawan Banjiri Teleng Ria

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Peringatan gelombang tinggi di perairan selatan Jawa sepertinya tidak terlalu berdampak pada sektor pariwisata. Buktinya, sebagian wisatawan masih banyak memilih pantai sebagai jujukan berlibur.

Di Pantai Teleng Ria Minggu (12/1) misalnya. Ratusan wisatawan meluber sampai bibir pantai. Gulungan ombak juga terpantau rendah. Kendati demikian, mereka tetap dalam pengawasan petugas penjaga pantai yang berada di menara pandang. ‘’Pengunjung berenang tidak masalah, karena ombak kecil,’’ kata Tri Winarto, lifeguard Pantai Teleng Ria.

Sebelumnya, warga Pacitan di kawasan pesisir diminta mewaspadai potensi bencana di wilayahnya dalam beberapa hari mendatang. BMKG memprediksi gelombang tinggi bisa terjadi di perairan pantai setiap waktu karena anomali cuaca. Potensi bencana dari cuaca buruk itu bisa makin tinggi lantaran pada saat yang sama terjadi pasang laut.

BMKG Juanda memprediksi permukaan air laut naik 180 sentimeter. Belum lagi tinggi gelombang diperkirakan mencapai 3,25 meter di beberapa titik. Tingginya permukaan air laut itu dikhawatirkan mengakibatkan terjadinya banjir rob di permukiman penduduk pesisir pantai. ‘’Kami meminta warga yang berada di pesisir pantai maupun wisatawan untuk tetap selalu waspada terkait kemungkinan terjadinya gelombang tinggi sewaktu-waktu,’’ kata Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Didik Alih Wibowo.

Meski peringatan waspada gelombang tinggi disiarkan secara luas, tetap tidak menyurutkan antusiasme wisatawan berlibur di pantai. Aris Rahmawati misalnya. Wisatawan asal Wonogiri itu sengaja datang ke Pantai Teleng Ria karena bibir pantainya panjang. Sehingga, aman untuk berenang. ‘’Kebetulan ombaknya kecil dan aman,’’ ujar Aris yang datang ke Pacitan bersama keluarganya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button