Ponorogo

Anak Nakes Covid-19 Bebas Pilih Daftar SMA-SMK

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Tenaga kesehatan (nakes) yang terlibat dalam penanganan Covid-19 mendapat apresiasi. Pemprov Jatim menyiapkan kuota khusus bagi anak-anak mereka yang hendak mendaftar penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMA-SMK negeri tahun pelajaran 2020-2021. ‘’Kuotanya satu persen dari total pagu di seluruh sekolah,’’ kata Kasi SMA-SMK Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Jatim Wilayah Ponorogo Eko Budi Santoso Kamis (11/6).

Kuota tersebut merupakan kebijakan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. Sebagai penghargaan kepada para garda terdepan yang mempertaruhkan nyawa dalam merawat para pasien Covid-19. ‘’Jadi, khusus nakes yang merawat Covid-19. Tidak semua nakes,’’ jelasnya.

Pemprov memberikan keleluasaan pada anak-anak mereka yang akan melanjutkan sekolah. Kuota satu persen di setiap sekolah. Di Ponorogo, ada belasan lembaga SMA maupun SMK yang siap menerima anak-anak nakes Covid-19. ‘’SMA boleh, SMK juga boleh,’’ sebutnya.

Namun, Eko belum menerima persyaratan spesifik bagi para calon pendaftar jalur khusus anak nakes ini. Secara umum, salah satu syarat utamanya bukti surat tugas orang tua. Nakes harus benar-benar tergabung dalam satgas Covid-19 di rumah sakit. ‘’Nakes itu tim. Pasti daerah mengeluarkan semacam surat keputusan (SK). Seyogianya SK itu dilampirkan,’’ jelas Eko. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close