Ponorogo

Amankan Cutter hingga Kayu Berpaku

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sejumlah benda berbahaya ditemukan polisi dari balik jeruji besi Rutan Klas II-B Ponorogo. Berbagai temuan itu didapati petugas dalam razia Rabu malam (18/12). ‘’Pemeriksaan seperti ini perlu dilakukan secara rutin karena kondisi rutan yang melebihi kapasitas,’’ kata Kapolres Ponorogo AKBP Arief Fitrianto.

Razia itu dimulai sekitar pukul 21.00 dengan melibatkan sekitar 30 personel. Razia dibagi dalam tiga tim. Dua tim polisi menyisir sel warga binaan laki-laki. Satu tim lainnya terdiri sejumlah polwan blusukan sel penghuni rutan perempuan. Selain tubunya digeledah, barang yang ada di dalam sel tidak luput dari pemeriksaan.

Sekitar dua jam razia digelar, polisi membeber temuan di meja depan ruang kantor rutan. Di antaranya, cutter, korek api, paku, dan sebuah gagang kayu dengan paku di ujungnya. ‘’Yang telah kami amankan ini akan kami serahkan kepada pihak rutan untuk penindakan disiplin warga binaan,’’ ujar Arief.

Arief menyebut, kondisi rutan yang melebihi kapasitas berpotensi menimbulkan kerusuhan. Karena itu, pemeriksaan rutin perlu dilakukan. ‘’Untuk mengantisipasi adanya barang-barang membahayakan masuk ke sel warga binaan,’’ terangnya.

Kepala Rutan Klas II-B Ponorogo Hendro Susilo mengatakan, berbagai barang membahayakan yang ditemukan petugas itu akan dimusnahkan. Warga binaan yang kedapatan memilikinya bakal dibina sesuai aturan yang berlaku. ‘’Setiap hari, personel sabhara melakukan pengecekan ke rutan. Ini perlu untuk menjaga kondusivitas,’’ ujarnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close