Madiun

Alas Saradan Membara Lima Kali

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Kawasan hutan di wilayah Saradan terbakar. Api diketahui menghanguskan lahan di petak 50 BKPH Petung yang masuk Desa Pajaran, Kecamatan Saradan pada Rabu (30/10) sekitar pukul 19.30. “Total luas lahan yang terdampak kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mencapai 1,5 hektare. Tidak ada kerugian. Hanya, asap kebakaran itu mengganggu pengguna jalan,” kata Kasubag Humas RPH Saradan Suwarno.

Dia menyatakan kebakaran itu terjadi di wilayah hutan lindung perhutani. Pihaknya menduga kebakaran disebabkan oleh sejumlah orang yang membuang putung rokok sembarangan di lahan kering. ‘’Dengan kejadian tersebut, total sudah lima kali lahan di RPH Saradan terbakar selama musim kemarau tahun ini,’’ jelasnya.

Plt Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Madiun Supriyanto menyatakan titik api terpantau citra satelit di Desa Krajan, Saradan. Saat ini, nyala api berhasil dikendalikan. ‘’Titik api terpantau hanya di satu lokasi saja,’’ ujarnya.

Proses pemadaman api dilakukan dengan dua armada. Dibutuhkan waktu sekitar dua jam pascakejadian, api baru bisa dipadamkan. Lokasi kebakaran yang berdekatan dengan jalan nasional membuat petugas kewalahan. ‘’Semua anggota terkait langsung memadamkan api yang sudah sangat besar saat itu,’’ ungkapnya. (mgc/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button