Ponorogo

Aktivitas Masyarakat Naik Jelang Lebaran,  Abai Physical Distancing

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Sejumlah ruas jalan di Ponorogo ditutup demi menekan potensi penyebaran virus korona Kamis (21/5). Di antaranya Jalan Suromenggolo dan Jalan Soekarno-Hatta. Uji coba penutupan berlaku sejak kemarin hingga Sabtu (23/5). ‘’Penambahan ruas jalan tertib physical distancing ini untuk menyikapi bertambahnya aktivitas masyarakat jelang Idul Fitri,’’ kata Kanit Turjawali Satlantas Polres Ponorogo Iptu Agus Syaiful Bahri.

Jalan Soekarno-Hatta ditutup mulai pukul 15.00 hingga 18.00. Sementara Jalan Suromenggolo ditutup mulai 17.00 sampai 22.00. Khusus Jalan Suromenggolo, penutupan mencakup seluruh ruas jalan keluar-masuk. ‘’Baik dari sisi timur atau barat, akses ke Jalan Suromenggolo ditutup total,’’ jelasnya.

Lebih lanjut, penutupan Jalan Soekarno-Hatta diikuti pengalihan arus kendaraan dari luar daerah. Kendaraan dari arah Madiun yang hendak menuju pusat kota Ponorogo dialihkan ke barat ke arah Wonogiri. Sementara kendaraan yang hendak ke Trenggalek atau Pacitan dialihkan ke timur. ‘’Yang ke timur mengarah ke Jeruksing,’’ terang Syaiful.

Penutupan kedua ruas jalan tersebut, lanjut dia, didasarkan pada hasil rapat forum lalu lintas dan angkutan jalan daerah. Dari pantauan di lapangan, aktivitas masyarakat meningkat. Terutama di kedua ruas jalan tersebut. ‘’Padahal, kasus Covid-19 terus berkembang setiap hari,’’ tegasnya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Perhubunan Ponorogo Djunaedi mengatakan penutupan ruas jalan berlaku sementara waktu. Namun, tidak menutup kemungkinan diperpanjang jika aktivitas masyarakat masih padat dan tidak mengindahkan physical distancing. Kedua ruas jalan menjadi pilot project. ‘’Akan dievaluasi perkembangannya. Tentunya kawasan tertib physical distancing ini akan berkembang, dan bisa dilanjutkan setelah Idul Fitri,’’ tuturnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close