Madiun

Aksi Sosial Warga Ringankan Beban Sesama

Belanja di Plaosan, Bagikan di Lapangan Gulun

Tidak perlu menunggu kaya untuk meringankan beban sesama. Semangat berbagi di masa pandemi turut ditunjukkan sekelompok warga di sekitaran Lapangan Gulun Selasa (5/1).

SRI MULYANI, Jawa Pos Radar Madiun

LANGIT yang berselimut mendung membuat pagi itu tampak malu-malu. Jarum jam sudah bergerak ke pukul 06.15, namun suasananya masih seperti subuh. Kendaraan sudah banyak berlalu-lalang di sekitaran Lapangan Gulun. Beberapa pengendara menghentikan lajunya untuk menggapai bungkusan yang dibagikan secara cuma-cuma.

Seorang ibu berkendara roda dua begitu ceria wajahnya. Setelah menerima bungkusan berisikan sayur dan lauk-pauk. Murah tangan 25 relawan itu menjawab kegalauannya beberapa hari belakangan. ‘’Sudah tiga hari nggak masak sayur. Susah dapetnya, muter-muter pasar juga nihil,’’ ujarnya usai menerima bungkusan gratis itu.

Selama penutupan Pasar Besar Madiun (PBM), banyak warga kesusahan memenuhi kebutuhan dapurnya. Sebab, untuk belanja harian banyak yang bertumpu di pasar terbesar itu. Pasar tradisional lain banyak diburu. Bahkan, sebagian pedagangnya sudah diserbu pembeli sebelum masuk pasar. ‘’Hari-hari ini memang terjadi kelangkaan bahan pokok dan sayuran. Kalaupun ada harganya meroket,’’ kata Sutomo, penggagas aksi berbagi di Lapangan Gulun itu.
Karena itulah, Sutomo dan kawan-kawan menginisiasi gerakan sosial tersebut. Semata demi meringankan beban sesama di masa korona. Mengerahkan satu mobil pikap berisikan bungkusan sayur dan lauk-pauk siap bagi. ‘’Kami berinisiatif belanja sayuran di Plaosan, Magetan. Kami siapkan 500 paket. Malam dibungkus, paginya dibagikan,’’ terang pria 63 tahun itu.

Rencananya aksi ini masih terus berlanjut seiring belum berakhirnya pandemi korona. Sutomo dan kawan-kawan juga membuka lebar pintu donasi bagi dermawan yang ingin turut berbagi. ‘’Kami siapkan sayuran segar beraneka ragam supaya penerimanya bisa bebas memasaknya,’’ tutur warga Jalan Margobawero, Mojorejo, Taman, Kota Madiun, itu. *(fin/c1)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button