Madiun

Aksi Emak-Emak Kutil Emas Terekam CCTV

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Salah satu toko emas di Jalan Kutai, Kota Madiun, itu berpengaman ”pagar” besi penyekat antara penjual dan pembeli. Pun dilengkapi closed-circuit television (CCTV). Meski begitu, pengutil dengan lihai berhasil menggondol perhiasan bernilai puluhan juta rupiah. Aksi ”tangan terampil” itu terekam CCTV toko yang kini jadi alat bukti polisi untuk memburu pelaku.

Kejadiannya pada Rabu (26/5)sekitar pukul 08.30. Dari rekaman CCTV, pelakunya diduga seorang perempuan paro baya. Emak-emak berpenampilan sopan itu terlihat memilih perhiasan. Seorang karyawan toko melayani dengan menunjukkan perhiasan yang diminati pelaku. ‘’Kami sudah terjunkan tim ke lokasi,’’ kata Kasatreskrim Polres Madiun Kota AKP Fatah Meilana, Kamis (27/5).

Pelaku tampak sibuk menghubungi seseorang menggunakan telepon genggamnya sembari memilih perhiasan. Sementara karyawan toko sibuk meladeni permintaan pelaku. Tak sampai dua menit, pelaku memasukkan gelang 17 gram ke dalam tas tanpa sepengetahuan karyawan toko. Rupanya pelaku sengaja mengalihkan perhatian karyawan sampai lengah. ‘’Begitu ada kesempatan dengan kecepatan tangannya, perhiasan dimasukkan tas,’’ bebernya.

Sebelum kabur, pelaku bermaksud membayar uang muka Rp 100 ribu untuk pembelian perhiasan tersebut. Kemudian minta nota kepada karyawan. Saat karyawan mengambil nota, emak-emak itu mengambil langkah seribu. Karyawan toko baru tersadar setelah pelaku kabur. ‘’Saat nota akan diserahkan, pelaku sudah kabur,’’ ungkapnya.

Tak ada seorang pun saksi mata yang mengetahui ke mana arah pelaku kabur. Mengingat saat kejadian bertepatan dengan hari libur yang biasanya di lokasi tersebut cukup ramai pengunjung. Apalagi lokasi toko berdekatan dengan kerumunan Pasar Kawak.

Fatah menyebut, aksi pura-pura sebagai pembeli dan mengalihkan perhatian penjual merupakan modus kejahatan baru di Kota Madiun. Modus tersebut, lanjut Fatah, biasa dijalankan tangan terlatih. ‘’Saksi-saksi sudah kami mintai keterangan,’’ ujarnya.

Dugaan sementara, pelaku beraksi seorang diri. Polisi telah mengantongi ciri-ciri pelaku. Pun menerjunkan tim untuk memburunya. Pihaknya juga terus mendalami rekaman CCTV untuk mendapatkan petunjuk baru. ‘’Ciri-ciri sesuai dengan CCTV sudah dapat, kami lakukan pengejaran,’’ pungkasnya. (kid/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button