Pacitan

Akses Masuk Pacitan Masih Dibuka Separo

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Masih ada waktu hitungan hari bagi para pemudik yang ingin pulang kampung. Selama membekali diri dengan surat bebas korona, pemudik masih diperbolehkan masuk Pacitan.

Ibarat pintu masih dibuka separo, kebijakan itu tak berlaku saat 6 Mei hingga 17 Mei mendatang. Saat itu tak ada toleransi lagi bagi pemudik. ‘’Kecuali ambulans dan pemadam kebakaran atau kondisi darurat lainnya,’’ kata Kapolres Pacitan AKBP Wiwit Ari Wibisono, Senin (3/5).
Pacitan yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah punya Jalur Lingkar Selatan (JLS). Meski tak seramai pantura, jalur ini selalu diakses pemudik dari jalur selatan. Sepekan terakhir petugas mulai melakukan penjagaan. Juga di gerbang perbatasan Pacitan–Solo di Desa Belah, Donorojo, Pacitan. Di sana, puluhan petugas disiagakan mengantisipasi pemudik Lebaran. ‘’Setiap pemudik wajib menunjukkan rapid test antigen negatif. Mulai besok (hari ini, Red) kami siapkan posko pemeriksaan antigen,’’ ujarnya.

Meski bermurah hati, Kapolres tetap tidak menyarankan mudik. Baik menjelang maupun setelah Lebaran. Sosialisasi antimudik terus digemakan hingga desa-desa. ‘’Kami instruksikan bhabinkamtibmas melakukan pendekatan ke warga agar meminta keluarganya tidak pulang dulu,’’ tegasnya.

Pantauan Jawa Pos Radar Pacitan, dua pekan jelang Lebaran ini volume kendaraan masih terpantau landai. Baik di perbatasan antarprovinsi maupun seputaran wilayah kota. Di Terminal Pacitan pun hanya satu-dua warga yang memanfaatkan armada transportasi umum. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button