Pacitan

Aji Ikhtiari Pemulihan Ekonomi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Indrata Nur Bayuaji bak berlari di lintasan balap. Orang nomor satu di Pemkab Pacitan itu menargetkan visi-misinya tuntas terjabarkan dua pekan. Lebih cepat dari masa normal perumusan yang biasanya butuh waktu hingga setengah tahunan.

Aji, sapaan Indrata Nur Bayuaji, tak ingin buang-buang waktu. Mengingat durasi menjabat bupati hanya tiga setengah tahun. Barisan organisasi perangkat daerah (OPD) harus siap ikut berlari cepat di periode singkat ini. ‘’Ada tujuh prioritas mulai infrastruktur, pemulihan ekonomi, hingga masalah birokrasi,’’ ujarnya, Jumat (30/4).

Pandemi ini membuat perekonomian terpuruk. Indeks kemiskinan merangkak naik dari 13,67 persen menjadi 14,54 persen. Lumrahnya pemerintah daerah butuh waktu bertahun-tahun untuk menurunkan digit kemelaratan itu. ‘’Menurunkan satu digit saja kira-kira tiga tahun. Sementara enam bulan pandemi Covid-19 saja sudah naik dua digit. Ini menjadi PR (pekerjaan rumah) besar kami,’’ ungkapnya.

Tak sekadar obral proyeksi, Aji tetap melangkah secara rasional. Pemulihan ekonomi bakal terus diikhtiari dari berbagai sisi. Bisa lewat sebar bantuan sosial maupun strategi lainnya. Sembari menata ulang anggaran yang terimbas refocusing penanganan Covid-19. ‘’Mental harus kita kuatkan karena refocusing ini bukan sekali saja. Kalau terus-terusan mengeluh, kita tidak akan bergerak sama sekali dalam situasi seperti ini. Terpenting harus memaksimalkan kerja,’’ tegasnya. (gen/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button