Magetan

Air Telaga Wahyu Surut, Sampah Berserakan

NGAWI, Jawa Pos Radar Magetan – Sampah plastik banyak berserakan di Telaga Wahyu. Kondisi tersebut diketahui saat air di telaga yang terletak di Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, itu mulai surut.

Sampah plastik kebanyakan dibawa para pemancing dan pengunjung. Kesadaran sejumlah pengunjung untuk menjaga kebersihan sangat rendah. Kondisi tersebut diperparah dengan minimnya bak sampah. ‘’Kami nanti sebatas imbauan terkait penanganan sampahnya ke disparbud,’’ kata Kabid SDA DPUPR Magetan Yuli Karyawan Iswahyudi Selasa (26/11).

Berdasar pantauan wartawan koran ini, sejumlah pemancing kemarin terlihat di Telaga Wahyu. Sebagai salah satu objek wisata alternatif selain Telaga Sarangan, Telaga Wahyu memang menjadi lokasi favorit mancing mania dari dalam maupun luar Magetan.

Meski begitu, Yuli menyatakan debit air Telaga Wahyu masih dalam level aman. Selama musim hujan, biasanya telaga itu mendapat suplai air dari Sarangan. Debitnya 75 liter per detik. Tapi, di saat kondisi air sedang surut seperti sekarang, sering dimanfaatkan oleh petani untuk keperluan irigasi.

Dia mengaku volume air Telaga Wahyu harus dikontrol. Sebab, statusnya merupakan telaga konservasi. ‘’Sementara kami stop untuk keperluan irigasi. Dan, kami pastikan tidak mengalami pendangkalan parah karena ada bangunan penahan lumpurnya,’’ terang Yuli. (fat/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close