Magetan

Air Dam Ngluweng Tetap Mengalir, DPUPR Memastikan Kebutuhan Petani Aman

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan –  Volume air Telaga Sarangan diupayakan tidak kian menyusut. Salah satunya dengan tetap membuka pintu air Dam Ngluweng di Desa Ngancar, Plaosan.

‘’Jangan sampai semakin mengering. Kan air dari Sarangan juga digunakan untuk mengairi sawah di wilayah Plaosan,’’ kata Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Magetan Yuli Karyawan Iswahjudi Rabu (2/10).

Meski begitu, dia memastikan kebutuhan air lahan pertanian yang selama ini mengandalkan Dam Ngluweng masih tercukupi. ‘’Volume air Dam Ngluweng sejauh ini masih aman,’’ ujar Yuli.

Supriyono, warga Desa Ngancar, mengatakan bahwa air Dam Ngluweng selama ini dimanfaatkan para petani desanya dan sekitar Telaga Pasir. ‘’Disedot langsung pakai pipa, lalu disemprotkan ke tanaman dengan slang atau spinner,’’ kata petani sayuran itu.

Dia menyebut, tanaman sayuran tak membutuhkan terlalu banyak air. Karena itu, meski Dam Ngluweng tetap mengalirkan air ke Telaga Sarangan, Supriyono tidak mempersoalkannya. ‘’Kalau kebanyakan air, tanaman malah bisa busuk,’’ sebutnya. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button