News

Ada Berapakah

×

Ada Berapakah

Share this article

Ada Berapakah – Ada yang mengatakan tata surya kita mempunyai 12 planet, ada pula yang mengatakan 9 planet, dan ada pula yang mengatakan ada 8 planet. Benarkah sebenarnya ada berapa jumlah planet di tata surya?

Informasi Astronomi- Ada yang bilang tata surya kita punya 12 planet, ada pula yang bilang 9 planet, dan ada pula yang bilang ada 8 planet. Benarkah sebenarnya ada berapa jumlah planet di tata surya?

Ada Berapakah

Tentu saja, ini sepertinya pertanyaan mendasar. Namun seringkali masyarakat mendapat pertanyaan di AskAstro tentang berapa jumlah planet yang ada di tata surya kita. Baiklah, mari kita coba membahasnya lewat cerita.

Sebenarnya Berapa Jumlah Hewan Yang Ada Di Bumi?

Sebagian besar dari kita mungkin tumbuh dengan pembelajaran di sekolah dasar bahwa ada sembilan planet di langit. Sebagai anak-anak, bisa menghafal urutan planet-planet pada masa itu merupakan suatu kebanggaan. Nama kesembilan planet tersebut ternyata muncul di otak Anda, tak lain adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, dan Pluto.

Namun pada tahun 2005, astronom di California Institute of Technology, Mike Brown, menemukan Eris, sebuah benda dingin kecil yang diperkirakan seukuran Pluto, namun Eris jauh dari Matahari.

Penemuan Eris saat itu menambah jumlah planet di alam semesta menjadi sepuluh. Informasi di buku teks juga telah diubah. Namun, ini bukan perselisihan antar astronom lho.

Untuk menyelesaikan perselisihan tersebut, Persatuan Astronomi Internasional (IAU) mengadakan pertemuan pada tahun 2006 untuk membahas masalah planet ini. Beberapa astronom memastikan bahwa jumlah planet di alam semesta adalah dua belas, termasuk Pluto dan bulannya Charon, asteroid Ceres, dan Eris yang baru ditemukan.

Baca Juga  Sebutkan Tahap-tahap Pembentukan Dengan Teknik Putar

Ada Berapa Jumlah Kotak Dalam Papan Catur?

Namun, astronom lain lebih memilih untuk membuat definisi baru, dunia katai. Alih-alih disebut planet, Pluto, Charon, Ceres, Eris, dan objek lain yang sedikit lebih dingin di tepi tata surya dimasukkan dalam definisi baru ini. Pluto melepas pemerannya.

IAU sepakat untuk merevisi kata “Planet”. Jika benda langit ingin disebut planet, maka benda tersebut harus mengelilingi matahari terlebih dahulu. Nah, kalau begitu, Pluto melakukannya. Kedua, planet ini memerlukan gravitasi yang cukup untuk membentuk dirinya menjadi lingkaran. Ya, Pluto juga bulat. Dan ketiga, planet ini akan mampu menghancurkan benda-benda lain di sekitarnya. Ah, Pluto tidak akan lolos tahap ketiga ini.

Orbit Pluto mengelilingi Matahari juga tidak diketahui dalam hal lain. Misalnya, gravitasi bumi yang cukup kuat menyebabkannya memantulkan benda-benda kecil lainnya di langit, sedangkan Pluto hanyalah sebagian kecil dari benda dingin di wilayahnya.

Tidak ada peluang bagi Pluto untuk mendapatkan kembali statusnya sebagai planet. Apakah rasanya salah? Jangan khawatir, ini bukan hanya Pluto.

Mengenal 13 Istri Nabi Muhammad Saw, Ada Kisah Dibalik Pernikahannya Apa Itu?

Ada Ceres, asteroid pertama yang ditemukan di orbit antara Mars dan Jupiter. Saat ini Ceres dikenal sebagai planet katai terkecil di tata surya. Ini terdiri dari es dan batu, dan mungkin berisi lautan cairan di bawah permukaan.

Lalu ada Haumea yang namanya berasal dari dewi kesuburan Hawaii. Ukurannya sekitar sepertiga ukuran Pluto dan memiliki gravitasi yang cukup untuk membentuk dirinya menjadi ellipsoid, kurang lebih seperti telur. Meskipun ukurannya kecil, Haumea memiliki bulan yang setia padanya (apakah kamu selalu sendirian?).

Di luar itu, ada yang disebut Makemake, sebuah objek sabuk Kuiper yang diameternya sekitar dua pertiga diameter Pluto. Ditemukan pada tahun 2005 oleh Mike Brown dan timnya, Makemake tampaknya belum memiliki bulan hingga saat ini.

Baca Juga  Sebutkan Beberapa Usaha Manusia Dalam Pemeliharaan Ekosistem

Dan tentu saja ada Eris, planet katai terbesar di tata surya. Eris adalah orang yang paling berperan (atau menurut Pluto) dalam membantu para astronom mengubah definisi planet. Eris diketahui berukuran 27% lebih besar dari Pluto dan memiliki bulan bernama Dysnomia.

Sindografis: Berapa Lama Makanan Aman Kaleng Bertahan Untuk Dikonsumsi?

Hei, tunggu dulu, bagi yang tidak setuju dengan perjanjian IAU untuk mengubah definisi planet dan menurunkan status Pluto menjadi planet kerdil, perlu kalian ketahui bahwa ini adalah langkah penting yang memang harus dilakukan. mengambil.

Semakin banyak kita mengetahui tentang alam semesta kita, semakin kita menyadari betapa aneh dan indahnya alam semesta. Mengklasifikasikan Pluto sebagai planet kerdil akan memudahkan kita mengelompokkan benda-benda di langit dan tata surya lainnya.

Nah, jawaban dari pertanyaan dalam artikel ini adalah, tata surya kita saat ini memiliki delapan planet raksasa dan lima planet kerdil.

Bintang Sirius A (tengah) dan Sirius B (titik kecil di kiri bawah). Kredit: Informasi Astronomi NASA/ESA/ Hubble – Sirius (α Canis Majoris) adalah…

Ada Berapa Level Investasi Di Fitur Loyalty Bareksa? Ini Tips Capai Freedom

Ada berapakah rukun iman sebutkan, berapakah massa, berapakah usia, berapakah diameter, berapakah umur, ada berapakah jenis karbon, ada berapakah negara di dunia ini, berapakah, berapakah berat, ada berapakah nabi, berapakah jumlah, berapakah zakat